Find Us On Social Media :

Taruna STIP Tewas Dipukul Seniornya: Pertolongan Pertama pada Kasus Trauma Tumpul

By Ade Sulaeman, Rabu, 11 Januari 2017 | 16:01 WIB

Pembantu Berusia 18 Tahun Dilecehkan & Dianiaya Majikan Hingga Buta

Intisari-Online.com - Seorang taruna tingkat I Jurusan Nautikan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Marunda angkatan 2016, Amirullah Adityas Putra (19), meninggal dunia, Selasa (10/1/2017). Sang taruna STIP ini diduga tewas setelah dipukuli oleh seniornya pada hari yang sama.

(Polisi Terkecoh, Dikira Nenek Sekarat Ternyata Maneken untuk Pelatihan Pertolongan Pertama)

“Satu per satu taruna tingkat I tersebut datang ke TKP untuk dilakukan penganiayaan oleh para pelaku dengan cara pemukulan menggunakan tangan kosong secara bergantian yang diarahkan ke perut, dada, dan ulu hati,” kata Argo Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono.

Pukulan-pukulan yang diterima Amirullah inilah yang diduga menyebabkan blunt trauma atau trauma tumpul. Apa yang dimaksud dengan trauma tumpul? Berikut ini penjelasannya sekaligus pertolongan pertama yang bisa kita lakukan jika menemukan korban dengan kasus tersebut.

(Jangan Hanya Nonton, Lakukan Pertolongan Pertama Ini saat Terjadi Kecelakaan)

Trauma tumpul adalah hasil dari pukulan fisik pada tubuh, yang tidak menembus kulit atau daging. menembus keduanya.

Meskipun trauma tumpul mungkin tidak terlihat buruk, karena lebih sedikit menunjukkan pendarahan dan daging yang terkelupas, trauma tumpul sebenarnya bisa memberi dampak yang sama buruknya dengan trauma penetrasi.

1. Evaluasi Kerusakan

Trauma tumpul meliputi segala sesuatu mulai dari sekecil mata hitam hingga sebesar gegar otak.

Lokasi. Beberapa tempat dapat menangani hantaman lebih mudah daripada yang lain. aki dan tangan biasanya tidak memiliki bahaya serius jangka panjang kecuali tulang rusak atau retak. empat-tempat lain, seperti kepala dan leher, sangat sensitif. pada daerah sensitif, Anda harus segera mencari bantuan medis, Kerasnya. Jumlah kerusakan yang dilakukan tergantung pada jumlah kekuatan dalam pukulan. bentuk kerusakan, misalnya pukulan tiang telepon ke perut relatif memberi dampak yang lebih ringan daripada hantaman tongkat baseball ke kepala.

2. Initial Pertolongan Pertama korban dalam posisi yang nyaman. area dimana trauma tumpul diterima. menemukan banyak memar dan bengkak, jadi persiapkan untuk itu. trauma, tetapi pastikan untuk tidak meninggalkannya pada lebih lebih lima belas menit pada suatu waktu. ontak yang terlalu lama dengan suhu dingin dapat merusak jaringan sudah rusak.