Find Us On Social Media :

Samsung Galaxy 8 Bakal Dilengkapi RAM 8 GB?

By Moh. Habib Asyhad, Selasa, 10 Januari 2017 | 18:33 WIB

Samsung Galaxy 8 bakal dilengkapi RAM 8 GB

Intisari-Online.com -- Tak hanya pada komputer, RAM juga sangat penting bagi smartphone. Semakin besar kapasitasnya RAM-nya, semakin besar peluang smartphone itu menjadi buruan. Soal RAM, spekulasi terbaru menyebut, Samsung Galaxy 8 bakal dilengkapi RAM 8 GB. Benarkah?

(iPhone 7 Ternyata Pakai RAM 2GB Bikinan Samsung)

Sebagian pihak memang menduga bahwa modul RAM bernama LPDDR4X ini bakal tertanam di smartphone terbaru Samsung itu. Sebelumnya, Galaxy S8 memang pernah dirumorkan akan memiliki memori utama dengan kapasitas 8 GB.

RAM itu diproduksi oleh SK Hynix. Kita tahu, SK Hynix merupakan salah satu kompetitor utama Samsung di industri memori. Oleh sebab itu, tetap ada diragukan bahwa raksasa elektronik Korea Selatan itu bakal menanam modul RAM SK Hynix di produk andalannya.

Meski begitu, setidaknya memori LPDDR4X bikinan SK Hynix ini membuktikan bahwa produksi RAM 8 GB untuk smartphone sudah memungkinkan dan telah dimulai.

Modul memori buatan SK Hynix terdiri atas dua chip 8 Gigabit yang diatur dalam konfigurasi dual-channel dan ditumpuk dalam empat lapisan. Kapasitas akhirnya adalah 64 Giigabit atau 8 Gigabyte, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Selasa (10/1).

SK Hynix mengklaim modul memori ini memakan tempat 30 persen lebih sedikit sekaligus lebih efisien daya 20 persen dibandingkan modul RAM LPDDR4 yang ada sekarang.