Find Us On Social Media :

Adobe Ciptakan Software untuk Memanipulasi Suara Manusia

By Lila Nathania, Senin, 9 Januari 2017 | 08:00 WIB

Adobe VoCo yang bisa memanipulasi suara manusia

Intisari-Online.com – Adobe telah berhasil membuat sebuah software unik sekaligus menyeramkan. Adobe menciptakan software untuk memanipulasi suara manusia agar mengatakan apa pun. Cara untuk memanipulasi suara ini pun sangat mudah.

Dalam demo yang dilakukan oleh pihak Adobe, mereka menunjukkan bagaimana suara orang awalnya diminta untuk mengatakan "I kissed my dogs and my wife.’" Setelah itu, kata "my wife" diganti dengan nama "Jordan" yang sebenarnya tak pernah diucapkan oleh orang yang direkam suaranya.

Setelah dimasukkan dalam software tersebut, suara yang diucapkan pun berubah menjadi "I kissed Jordan and my dog." Menyeramkannya, suara itu terdengar benar-benar asli seperti dikatakan oleh orang yang sama. Tidak terdengar adanya suara yang aneh atau berbeda.

Demo dilanjutkan dengan pilihan kata yang lebih mengejutkan lagi. Kali ini, mereka memotong kalimat awal tersebut dan menggantinya dengan frasa yang lain. Sekarang kalimatnya ditambahi dengan frasa "hree times".

Seperti yang sudah Anda duga, software ini kemudian memainkan rekaman suara orang yang sama berkata, "I kissed Jordan three times". Teknologi terbaru ini diberi nama Adobe VoCo. Menurut pihak Adobe, jika seseorang merekam suara mereka minimal 20 menit, maka VoCo bisa memanipulasinya untuk membuat rekaman suara yang mengatakan apa saja.

Saat ini, Adobe VoCo masih belum dipasarkan secara komersial. Menurut Anda software ini sangat canggih atau justru sangat mengerikan?