Find Us On Social Media :

Tak Hanya Untuk Kerajinan atau Perabot, Bambu Juga Bisa Dipakai untuk Membuat Sepeda

By Lila Nathania, Minggu, 8 Januari 2017 | 17:08 WIB

Sepeda bambu dari Ghana

Intisari-Online.com – Sepeda-sepeda cantik nan unik ini dibuat di Ghana. Bahannya bisa didaur ulang karena dibuat dari bambu yang ditanam sendiri oleh para pengrajinnya.

(Melihat Perjuangan Murid SD Menyebrangi Jembatan dari Dua Bilah Bambu Demi Pergi Sekolah di Sulawesi)

Ide awal dari sepeda bambu yang unik ini berasal dari Bernice Dapaah. Ia membuat perusahaan bernama Ghana Bamboo Bikes Initiative karena merasa bahwa untuk membuat sepeda, semua material yang dibutuhkan bisa didapat dari bambu. Mau ukuran besar atau kecil, semua ukuran sepeda bisa dibuat dari material bambu.

Dengan perusahaan yang dibuatnya tersebut, Bernice berhasil mengubah wajah transportasi di Ghana. Tak hanya ramah lingkungan dari sisi transportasinya saja, tiap kali menebang satu bambu untuk dibuat menjadi sepeda, Bernice akan menanam 10 bambu sebagai gantinya.

(Filosofi Bambu)

Di tangan Bernice, moda trasportasi yang sudah dianggap hijau ini bahkan menjadi lebih hijau lagi. Lebih hebatnya lagi, ia sudah memberikan pelatihan dan memberi pekerjaan pada lebih dari 35 orang anak muda. Padahal, beberapa dari mereka adalah anak-anak cacat.

Menurut Bernice, hasil karya dan desain anak-anak didikannya sangat bagus. Mereka bisa menambahkan kata-kata atau gambar-gambar tertentu pada sepeda sehingga tiap sepeda menjadi sangat unik.

Lebih hebatnya lagi, perusahaan ini tak hanya ramah lingkungan dan membantu anak-anak muda sekitar. Ghana Bamboo Bikes juga menyumbangkan sepeda untuk anak-anak setempat. Dengan adanya sepeda ini, anak yang tadinya perlu berjalan sangat jauh untuk ke sekolah atau tempat tertentu sekarang jadi sangat terbantu.