Find Us On Social Media :

(Video) Lagu 'Akad-Payung Teduh' Dinyanyikan Angkatan Laut AS dalam Latihan Maritim Internasional Terbesar RIMPAC

By Muflika Nur Fuaddah, Jumat, 6 Juli 2018 | 08:45 WIB

Intisari-Online.com- Dari kerumunan konser sore hari itu terdengar lantunan lagu yang pastinya sudah tak asing bagi telinga warga masyarakat Indonesia.

Berlatar belakang langit biru dan nyiur melambai, gabungan musisi berseragam putih dari berbagai negara itu pun menyanyikan lagu 'Akad' dari Payung Teduh.

Uniknya, mereka bukanlah musisi sembarangan dari konser sembarangan.

Acara ini telah digelar jauh dari Indonesia, yakni bertempat di kawasan pantai Wakiki di Hale Koa (US Army Museum Quad), Amerika, pada Selasa (3/7/2018) kemarin.

Baca Juga: BPOM Resmi Nyatakan Susu Kental Manis Tak Mengandung Susu: Ini Risiko Penyakit Berbahaya di Balik Susu Kental Manis

Konser gabungan gratis ini adalah bagian dari Lingkar Latihan Pasifik (RIMPAC) 2018.

Musisi dari Angkatan Laut Australia, Angkatan Laut Kerajaan Kanada, Angkatan Laut Indonesia, dan Armada Band Pasifik AS datang bersama untuk meramaikan pertunjukan ini.

RIMPAC ini adalah latihan maritim internasional terbesar di dunia yang diadakan dua tahun sekali.

Baca Juga: Miris, Gaya Anak Kos Sekarang Yang Kurang Peduli: Sudah Tiga Hari Mahasiswi ITB Meninggal Di Kamar, Tidak Ada Yang Tahu

Kali ini dua puluh lima negara, 46 kapal, lima kapal selam, sekitar 200 pesawat dan 25.000 personel berpartisipasi di RIMPAC yang diadakan dari 27 Juni hingga 2 Agustus di sekitar Kepulauan Hawaii dan California Selatan ini.

Latihan maritim ini memang memberikan kesempatan pelatihan yang unik sambil memupuk dan mempertahankan hubungan kerjasama di antara para negara peserta.

Hal ini diperlukan untuk memastikan keamanan jalur laut dan keamanan lautan di dunia.

RIMPAC 2018 ini sendiri merupakan latihan ke 26 dalam seri yang dahulu pertama kali diselenggarakan pada 1971.