Find Us On Social Media :

Lapor Bantul, Aplikasi yang Bisa Percepat Laporan Warga, Sudah Ada di Google Play Store Lho!

By Mentari DP, Kamis, 5 Juli 2018 | 13:45 WIB

Intisari-Online.com - Ingin mempercepat proses pelaporan warga dan melakukan penanganan yang lebih integratif, Pemerintah Kabupaten Bantul memperkenalkan aplikasi Lapor Bantul.

Peluncuran ini sekaligus menjadi langkah awal transformasi Kota Bantul menjadi salah satu kota cerdas atau smart city di Indonesia.

Sebelum ini, warga Bantul menggunakan layanan SMS Center Bupati untuk menyampaikan pengaduan.

Proses penyampaian aduan via SMS ini memakan waktu lama karena semua laporan yang masuk dikumpulkan dan dipilah dulu oleh petugas dari Dinas Kominfo Kota Bantul sebelum disampaikan ke OPD-OPD yang bersangkutan untuk ditangani.

Aplikasi yang sudah bisa diunduh di Google Play Store mulai tanggal 2 Juli 2018 lalu itu dapat digunakan untuk menyampaikan laporan dalam bentuk teks maupun gambar.

Baca juga: 10 Ponsel Terlaris Sepanjang Sejarah, Nomor 1 Terjual 250 Juta Unit!

Aplikasi ini juga memuat kategori dan sub kategori masalah yang akan memudahkan masyarakat melapor dan mempercepat penanganan.

Untuk mendorong partisipasi warga dalam Lapor Bantul, menurut Kepala Dinas Kominfo dan Informatika Kabupaten Bantul Nugroho Eko Setyanto, S.Sos, MM.

Pemkab Bantul akan menerapkan strategi edukasi berbasis keluarga. Pengenalan aplikasi Lapor Bantul akan digiatkan di sekolah-sekolah menengah.

Ubah cara kerja

Lapor Bantul diharapkan tidak hanya mempercepat pengaduan dan penanganan masalah di tengah masyarakat.

“Cepat atau lambat Lapor Bantul akan memperbaiki cara kerja di lingkungan Pemkab Bantul,” tandas H. Abdul Halim Muslih, Wakil Bupati Bantul. Hal ini terkait kecepatan merespon pengaduan masyarakat.

Keberadaan aplikasi ini juga akan memperbaiki proses perencanaan.