Find Us On Social Media :

KM Zahro Express Terbakar: Cara Selamat dari Kapal yang Terbakar

By Ade Sulaeman, Selasa, 3 Januari 2017 | 19:21 WIB

Kapal Zahro Express yang terbakar.

Intisari-Online.com – Peristiwa terbakarnya Kapal Motor Zahro Express di Teluk Jakarta (1/1/2016) seharusnya mengingatkan kita akan pentingnya mempelajari cara-cara menyelamatkan diri dalam kondisi darurat.

Meski tidak ada satu pun orang yang mempraktikannya secara langsung, tidak ada salahnya kita mempelajari cara selamat dari kapal yang terbakar berikut ini:

Berpikir ke depan

Tentu tidak ada seorang pun ingin perahu yang ditumpanginya terbakar. Namun, melakukan simulasi jika berada dalam kondisi darurat tersebut sangatlah penting. Mengetahui bagaimana cara menggunakan alat pemadam api ringan (APAR), memahami bagaimana cara jaket pelampung bekerja atau sekadar belajar metode uitemate sangatlah penting.

Kenakan jaket pelampung

Pertama dan terpenting, mengenakan jaket pelampung untuk berjaga-jaga Anda perlu untuk pergi (atau sengaja pergi) ke laut. aket dirancang untuk menjaga kepala Anda di atas air sehingga tetap dapat bernapas.

Perlu diingat bahwa jaket pelampung berukuran dewasa tidak cocok untuk anak-anak. agar tidak akan membiarkan dagu atau telinga anak untuk lolos.

Cari rute pelarian

Jika perahu dapat berlabuh, maka cara melarikan diri akan sederhana: pakai jaket pelampung, turun dari perahu, dan segera hubungi polisi atau pemadam kebakaran untuk menangani kapal yang terbakar.

Namun, proses pelarian akan lebih rumit jika perahu berada jauh dari tepi pantai. Untuk itu, selalu pastikan untuk untuk memperhatikan rencana darurat saat kita pertama kali menginjakan kaki di kapal. Biasanya rencana darurat tersebut terpampang di area publik atau kamar tidur kita.

Mencoba untuk memadamkan api

Jika alat pemadam kebakaran dapat digunakan, segera gunakan. Jangan lupa untuk dengan teknik P.A.S.S: