Find Us On Social Media :

Melaporkan Hoax di Internet Melalui Aplikasi Buatan Masyarakat Telematika Indonesia

By Moh. Habib Asyhad, Senin, 2 Januari 2017 | 20:00 WIB

Cara Mendeteksi Berita Hoax.

Intisari-Online.com - Kini kita bisa melaporkan hoax di internet melalui aplikasi buatan Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel). Langkah Mastel ini dilkukan demi mendukung gerakan Turn Back Hoax yang dibuat oleh Masyarakat Anti Fitnah Indonesia.

Nantinya, laporan yang kita kirimkan akan langsung disampaikan Mastel kepada otoritas di Kementerian Kominfo RI dan Forum Penanganan Situs Internet Bermuatan Negatif, sehingga nantinya bisa menjadi Basis pelaporan berita hoax dan ditindaklanjuti oleh pemerintah selaku regulator.

(Turn Back Hoax: Saatnya Perang dengan Hoax)

Sebagaimana layaknya crowdsource, fitur Laporkan Hoax di aplikasi Mastel mengandalkan partisipasi masyarakat guna melaporkan setiap berita fitnah dan hoax agar tidak tersebar luas.

“Ayo kita dukung gerakan Turn Back Hoax, marilah bersama sama kita berantas berita fitnah dan hoax secara sistematis dan berkesinambungan untuk mewujudkan Masyarakat yang lebih beradab,” demikian pesan Mastel dalam keterangan tertulisnya yang diterima Kompastekno, Jumat (30/12).

Aplikasi Mastel untuk Android bisa diunduh di Google Play Store melalui tautan berikut ini. Sementara untuk platform iOS, pengguna bisa mengunduhnya di App Store melalui tautan berikut ini.