Find Us On Social Media :

Foto Dramatis Ini Menunjukkan Betapa Bahayanya Men-Charge Smartphone di Bawah Bantal

By Lintang Bestari, Sabtu, 31 Desember 2016 | 14:30 WIB

Jangan men-charge di kasur atau bawah bantal. Sebaiknya, letakkan di meja

Intisari-Online.Com – Jangan pernah men-charge smartphone Anda di bawah bantal atau di atasnya. Sebaiknya letakkan smartphone di meja samping tempat tidur. Sebab, seperti foto yang Anda lihat di bawah ini, men-charge smartphone di bawah bantal bisa mengakibatkan konsekuensi berbahaya.

Seorang pemilik smartphone ini meninggalkan telepon genggamnya saat sedang mengisi daya. Ia meletakannya di bawah bantal dan menyebabkan percikan api. Untungnya, kebakaran bisa dihindari dan tempat tidur tidak berubah menjadi abu.

Meskipun begitu, London Fire Brigade (LFB) mengingatkan kita untuk tidak mengambil risiko berbahaya ini. Pada akun Twitter resminya, mereka memposting foto mengenai kejadian tersebut untuk menunjukkan apa yang bisa terjadi jika meninggalkan smartphone di bawah bantal ketika sedang men-charge.

Sebenarnya, kejadian berbahaya tersebut terjadi pada Januari tahun lalu. Namun, LFB ingin kembali mengingatkan warga di momen Hari Natal dan Tahun Baru ini. “Jika Anda mendapat kado berupa smartphone, dan meskipun sangat menyukainya, jangan sampai meletakkannya di bawah bantal atau kasur. Telepon genggam dan alat elektronik lainnya bisa menghasilkan panas yang membakar tempat tidur,” kata Chris O’Conner, Head od Community Safety di London Fire Brigade.

Ia menambahkan, hal yang sama juga berlaku untuk laptop. Memang menyenangkan jika menonton film melalui laptop di atas kasur, namun laptop menimbulkan panas. Ketika kita meninggalkannya di atas selimut atau permukaan yang lembut, ia bisa ‘kelebihan panas’ dan menyebabkan timbulnya api.