Find Us On Social Media :

Pohon Bonsai Ini Sudah Berusia 391 Tahun dan Berhasil Selamat dari Bom Nuklir Hiroshima

By Lila Nathania, Sabtu, 31 Desember 2016 | 07:00 WIB

Pohon bonsai yang sangat tua dan sudah bertahan saat bom Hiroshima

Intisari-Online.com – Pohon bonsai yang sangat unik ini ditanam tahun 1625 dan sudah berusia 391 tahun. Tak hanya sudah berusia sangat tua, satu hal lain yang sangat mengagumkan dari pohon ini adalah kekuatannya untuk bertahan hidup meski terkena paparan bom Hiroshima tahun 1945.

Bonsai ini dimiliki oleh keluarga Yamaki yang letak rumahnya hanya sekitar tiga kilometer dari Hiroshima. Waktu itu Amerika menjatuhkan bom nuklir di Hiroshima dan menewaskan kurang lebih 140.000 orang. Hebatnya, pohon bonsai dan keluarga Yamaki ini berhasil bertahan hidup dalam pengeboman dasyat tersebut.

Sekarang bonsai yang mengagumkan ini ditelakkan pada U.S. National Arboretum yang terletak di Washington, D. C. Pohon ini diberikan sebagai hadiah untuk Amerika Serikat oleh Masaru Yamaki pada tahun 1976.

Awalnya, staf di arboretum Amerika itu tidak sadar akan keistimewaan pohon bonsai tersebut. Baru pada tahun 2001 ketika cucu dari Yamaki datang ke Amerika, staf dijelaskan bahwa bonsai ini telah berhasil bertahan hidup melewati era pengeboman Hiroshima.

Kurator dari arboretum ini, Kathleen Emerson Dell, berkata bahwa bisa bersentuhan langsung dan mengetahui sejarah dari pohon bonsai ini sangatlah mengagumkan. Rasanya seperti bisa bertemu dengan penyintas yang telah berhasil melalui sejarah manusia.