Find Us On Social Media :

India Anggarkan Dana Rp7,16 Triliun untuk Membangun Patung Tertinggi di Dunia

By Moh. Habib Asyhad, Selasa, 27 Desember 2016 | 19:22 WIB

Patung tertinggi di dunia

Intisari-Online.com - India mungkin punya 99 masalah tapi menganggarkan dana untuk membantun patung tertinggi di dunia sepertinya bukan salah satunya. Di sisi lain banyak pihak yang tidak sepakat dengan pembangunan mega proyek ini.

(Demi Sekulerisme Prancis, Patung Bunda Maria Disingkirkan)

Selama akhir pekan kemarin, Perdana Menteri India Narendra Modi terbang ke Mumbai untuk meletakkan batu pertama patung Chhatrapati Shivaji. Patung ini ditujukan untuk menghormati penguasa abad ke-16 dari Kerajaan Maratha.

" >

Patung ini, yang akan dibangun menghadap Laut Arab, diperkirakan memiliki tinggi 192 meter. Sebagai perbandingan, Patung Liberty memiliki tinggi 93 meter, sementara patung tertinggi di dunia saat ini adalah Patung Buddha Laykyun Setkyar setinggi 115,8 meter di Myanmar.

Dua patung tertinggi lainnya juga didedikasikan untuk Buddha. Masing-masing di China dan Jepang.

India juga tengah mengerjakan proyek Patung Persatuan untuk mengenang Sardar Vallabhbhai Patel yang merupakan Wakil Perdana Menteri pertama negara yang tekenal dengan Sungai Gangga-nya ini.

" >

Terlepas dari itu, banyak orang yang sejatinya tidak setuju dengan pembangunan patung ini. Mereka lebih memilih supaya uang itu digunakan pemerintah untuk sesuatu yang lebih berharga dan lebih subtansial. Sekitar 30 ribu orang menandatangai petisi berharap pemerintah membatalkan mega proyek ini.

“Ini adalah uang pembayar pajak dan saya yakin kita semua sepakat bahwa sebaiknya uang ini digunakan untuk sesuatu yang lebih baik—seperti pendidikan, infrastruktur, makanan … apa pun dan patung itu tidak berguna siapa pun,” ujar pembuat petisi.