Find Us On Social Media :

Beraktivitas Fisik Secara Teratur, Salah Satunya untuk Mengontrol BB

By Monalisa Darwin D, Senin, 26 Desember 2016 | 06:00 WIB

Studi: Olahraga Bantu Mencegah Penyusutan Otak

Intisari-Online.com - Aktivitas fisik atau berolahraga tidak hanya kewajiban mereka yang memiliki berat badan berlebih, namun perlu dilakukan semua orang secara rutin. Tidak dipungkiri bahwa saat ini kita lebih malas beaktivitas dan memiliki gaya hidup tidak sehat. Paling tidak, perlu kita ketahui lebih dulu manfaat beraktivitas fisik secara teratur berikut!

1. Membantu mengontrol berat badan

Aktivitas fisik yang teratur tidak hanya membantu menurunkan BB alias berat badan, namun juga membantu menjaga berat badan tetap ideal. Berdasarkan intensitas aktivitas, kita dapat kehilangan lemak jenuh yang tidak diinginkan dan juga dapat menambah berat badan yang diinginkan. Meski tidak mengikuti kelas gym, kita dapat lebih aktif dalam menangani tugas serta aktivitas harian.

2. Membantu memerangi masalah kesehatan

Jika terlibat dalam aktivitas fisik secara teratur, maka ini juga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, yang pada akhirnya akan memastikan tubuh terhindar dari berbagai penyakit terkait. Kita akan berisiko lebih kecil terhadap masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, radang sendi, dan sebagainya.

3. Membantu mendapatkan tidur yang lebih baik

Ketika berbaring di tempat tidur di malam hari setelah beraktivitas seharian, maka tubuh akan mendapatkan tidur yang lebih baik dan nyenyak. Ketika bangun, tubuh akan lebih segar karena telah berisitirahat dengan baik.

4. Membantu meningkatkan kekuatan otot

Penelitian menunjukkan tingkat aktivitas fisik dapat menjaga kekuatan oto dan dapat memperlambat proses penurunan kepadatan otot, yang berkaitan dengan usia. Jadi, bila kita aktif maka tulang dan otot akan lebih kuat.   

5. Membuat pikiran lebih sehat

Pikiran positif akan berpengaruh pada tindakan serta suasana hati kita. Bila pikiran sedang tidak dalam keadaan yang baik, kita cenderung ingin melampiaskannya secara emosional dan kegiatan fisik atau berolahraga adalah cara positif yang dapat dilakukan. Aktivitas fisik akan membuat tubuh lebih rileks karena terjadi peregangan. Akhirnya, ini akan merangsang bahan kimia di otak yang membuat kita merasa lebih bahagia dan santai.

Sekarang kita sudah tahu manfaat beraktivitas fisik secara teratur. Yuk, mulai mengatur jadwal untuk berolahraga! (magforwomen.com)