Find Us On Social Media :

Empat Kesalahan Men-Charge Baterai Yang Bisa "Membunuh" iPhone Kita

By Lintang Bestari, Senin, 26 Desember 2016 | 13:00 WIB

Kesalahan dalam men-charge baterai bisa membunuh iPhone kita

Intisari-Online.Com – Tidak peduli seberapa bagus smartphone kita, jika tidak merawatnya dengan baik maka akan cepat rusak juga. Termasuk kebiasaan kita saat men-charge-nya. Berikut empat kesalahan men-charge baterai yang bisa membunuh iPhone kita:

Men-charge hingga 100%

Men-charge hingga penuh ternyata bukan cara paling efisien untuk menjaga baterai tetap kuat. Faktanya, para ahli menyarankan kita untuk membiarkan baterai kita dengan daya 30-80 persen. Justru dengan cara seperti itu, iPhone akan bekerja paling efisien. Jadi, hentikan kebiasaan men-charge baterai semalaman.

Membiarkan handphone mati

Baterai lithium menjadi sangat rentan jika dayanya rendah, jadi sebaiknya kita jangan membiarkan iPhone ‘low battery’ dalam keadaan lama. Namun, Apple dan para ahli teknologi menyarankan kita untuk membiarkan handphone mati total dua bulan sekali untuk ‘mengkalibrasi’ pengukur baterai.

Terlalu sering menggunakan power bank

Dalam keadaan mendesak, kita terpaksa harus menggunakan power bank untuk men-charge. Namun, jika dilakukan terlalu sering, cara ini bisa membunuh iPhone kita. Men-charge langsung dari sumber listrik jauh lebih baik untuk menghindari overheating.

Menggunakan charger yang tidak kompatibel

Tiga kebiasaan tadi bisa merusak baterai iPhone, namun menggunakan charger yang tidak kompatibel saat mengisi daya merupakan masalah yang sesungguhnya. Lama-lama charger “palsu” itu bisa menggerus kekuatan baterai. Juga membahayakan nyawa kita karena bisa membuat tersetrum.

Itulah empat kesalahan men-charge baterai. Apakah Anda sering melakukannya?