Find Us On Social Media :

Jembatan Cisomang Bergeser: Inilah 10 Alasan Mengapa Sebuah Jembatan Bisa Runtuh

By Mentari Desiani Pramudita, Jumat, 23 Desember 2016 | 19:23 WIB

Bahan jembatan yang buruk.

Intisari-Online.com- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengeluarkan rilis resmi terkait adanya pergeseran pilar kedua di Jembatan Cisomang di Jalan Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi, Senin (23/12/2016).

Terkait kondisi ini pihak Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) mengatakan perlunya evaluasi menyeluruh terhadap keamanan jembatan. Sebab, dikhawatirkan akan ada kejadian yang tidak terduga yang membuat jembatan runtuh.

Mengenai jembatan runtuh, sebenarnya ada beberapa penyebab yang bisa membuat sebuah jembatan runtuh. Berikut 10 alasan mengapa sebuah jembatan bisa runtuh.

(Inilah, 7 Jembatan Terpanjang di Dunia)

Gempa Bumi

Gempa bumi dapat menyebabkan kerusakan beberapa infrastruktur, termasuk jembatan. Seperti gempa yang terjadi kota-kota pesisir California bulan Oktober 1989. Pada kejadian tersebut, ada dua buah jembatan yang runtuh. Beruntungnya sampai saat ini jembatan yang runtuh akibat gempa bumi relatif jarang. Namun ini tidak mengurangi faktor risiko. Oleh karena itu, untuk daerah yang rawan gempa harap diperhatikan dengan baik pembangunan jembatan. Setidaknya meminimalkan adanya korban jiwa jika terjadi gempa dan jembatan runtuh.

Api

Kebakaran bisa menjadi penyebab suatu jembatan runtuh. Walau penyebab ini sangat jarang terjadi, tapi kenyataan beberapa jembatan, apalagi yang terbuat dari kayu, sering terbakar. Sama halnya dengan jembatan rel kereta api. Roda baja dari kereta sering mengirim gemercik api dan membuat api semakin besar. Selain itu, kebakaran bisa saja terjadi dari bahan-bahan yang dibawa di atas jembatan. Semisal truk tangki dan sejumlah zat yang mudah terbakar. Api bisa melelehkan baja dan membuat jembatan runtuh, seperti kejadian tahun 2009 saat truk tanke yang sedang lewat di bawah jembatan Detroit terbakar dan menyebabkan hancurnya jembatan hingga sekarang.

Kecelakaan kereta

Diketahui beberapa jembatan yang ada di dunia adalah untuk jalanan kereta api. Termasuk jembatan terpanjang di dunia yang ada di Jepang. Sebab, jembatan seperti ini rawan runtuh. Pada tahun 1998, ada sebuah kereta kecepatan tinggi dari Jerman yang mengalami masalah kerusakan pada roda. Roda itu ke luar dari rel dan menabrak dermaga jembatan yang membuat beberapa korban meninggal dunia dan menghancurkan jembatan dan kendaraan lain di sekitar dermaga.

Kecelakaan kapal

Kehadiran jembatan biasanya untuk menghubungkan dua buah pulau atau dua buah daerah. Tidak heran jika di bawah jembatan sering dilewati oleh kapal-kapal. Baik kapal kecil sampai kapal besar. Namun yang harus diperhatikan, untuk melewati bawah jembatan sebuah kapal harus menyesuaikan tingginya air. Jika air sedang tinggi tentu air semakin tinggi dan memungkinkan kapal menabrak atau tersangkut di bawah jembatan. Seperti kejadian tahun 1993 ketika runtuhnya jembatan William Seeber di New Orleans akibat sebuah kapal menghantam salah satu tiang jembatan.