Find Us On Social Media :

Ada Pergeseran di Jembatan Cisomang, Anda yang Liburan ke Bandung Bisa Lewat Jalur Ini

By Moh. Habib Asyhad, Jumat, 23 Desember 2016 | 15:32 WIB

Pergeseran pada pila Jembatan Cisomang

Intisari-Online.com - Ada pergeseran pada pilar kedua (P2) Jembatan Cisomang di Jalan Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi), persisnya di KM 100 700. Menurut rilis resmi yang dikeluarka Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), pergeseran itu (deformasi) sepanjang 53 cm. Bagi yang hendak liburan ke Bandung, ada beberapa cara alternatif supaya terhindar melewati jembatan ini.

(Musim Liburan Panjang Datang, Berikut Lokasi Rest Area Tol Cipali (Cikopo – Palimanan))

Terkait kondisi pergeseran pilar jembatan ini, Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) telah melaporkan kepada PUPR bahwa diperlukan evaluasi menyeluruh terhadap keamanan jembatan. Salah satunya dengan membatasi beban lalu lintas kendaraan yang melintas di jembatan ini. Kendaraan yang boleh melintas hanya kendaraan Golongan I.

Selain itu, juga dilakukan pengalihan arus lalu lintas di sekitar jembatan ini.

Utuk kendaraan dari arah Jakarta ke Bandung keluar Gerbang Tol Sadang (KM 75+200) atau Gerbang Tol Jatiluhur (KM 84+60) dan dapat masuk lagi ke jalan tol melalui Gerbang Tol Padalarang (KM 121+400).

Sementara kendaraan dari arah Bandung menuju Jakarta keluar Gerbang Tol Padalarang (KM 121+400) atau Gerbang Tol Cikamuning (KM 116+700) dan masuk kembali melalui Gerbang Tol Sadang (KM 75+200) atau Gerbang Tol Jatiluhur (KM 84+60).

Selain itu, KKJTJ juga meminta Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan PT. Jasa Marga untuk menyiagakan petugas di jembatan tersebut. Hal ini sebagai langkah antisipasi, jika kondisi jembatan tidak aman petugas bisa segera menghentikan lalu lintas yang melewati jembatan.