Find Us On Social Media :

Jangan Lakukan 8 Kesalahan Etiket Ini Jika Tak Ingin Dicap Tidak Sopan

By Tika Anggreni Purba, Sabtu, 24 Desember 2016 | 10:02 WIB

Singkirkan piring Anda ketika Anda merasa kenyang

Intisari-online.com—Etiket berperan penting dalam hubungan antarmanusia. Tidak hanya dalam situasi sosial, namun juga hubungan profesional. Karena itu sangatlah penting untuk memahami etiket, agar hubungan terjalin dengan baik. Jangan lakukan 8 kesalahan etiket ini jika tak ingin dicap tidak sopan.

1. Tidak santun pada orang lain

Kesalahan kecil seperti table manner mungkin bisa dimaklumi untuk sebagian orang. Namun sikap yang tidak santun dan kasar akan membuat orang lain marah.

Kesantunan berarti bertindak sopan dan memperlakukan orang lain dengan baik tanpa memandang posisinya. Ucapkan terimakasih pada mereka yang melayani di restoran, supermarket, dan orang-orang yang sering kali terluput dari perlakuan santun.

 2. Terlambat

Datang terlambat menunjukkan sikap kurang menghargai waktu orang lain. Jika kita sudah menyepakati waktu yang ditentukan, datanglah tepat waktu. Jika ada situasi kondisi yang begitu urgen, pastikan orang lain mengetahui situasi Anda.

baca juga: 10 Etiket Kerja yang Harus Diketahui Para Karyawan (1)

3. Tidak memperkenalkan orang lain

Ketika kita sedang bersama dengan dua orang atau lebih yang tidak saling mengenal, adalah tidak sopan jika tidak memperkenalkan satu sama lainnya.

4. Sibuk dengan ponsel saat bersama orang lain

Jika kita sedang bersama dengan orang lain secara fisik, berikanlah dia perhatian penuh. Jika ponsel berbunyi atau notifikasi masuk menunjukkan sesuatu yang penting, dengan sopan minta izin untuk menerima panggilan atau membuka pesan teks yang masuk.

klik 2 untuk melanjutkan membaca.

baca juga: Keanu Reeves, Sang Bintang Hollywood Menunjukkan Etiket sebagai Penumpang Umum