Find Us On Social Media :

Sistem Pengamanan Uang Rupiah Terbaru Disebut Salah Satu yang terbaik di Dunia

By Moh. Habib Asyhad, Senin, 19 Desember 2016 | 16:04 WIB

Uang NKRI yang mulai diluncurkan hari ini.

Intisari-Online.com - Gubernur Bank Indonesia Agus DW Martowardojo menyebut bahwa sistem pengamanan uang rupiah terbaru sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Ia menambahkan bahwa pengamanan uang ini meliputi 9-12 jenis pengamanan.

Seperti yang kita ketahui, Bank Indonesia (BI) baru saja meluncurkan dan mengedarkan uang rupiah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tahun emisi 2016. Selain menampilkan gambar 12 orang pahlawan nasional, 7 uang kertas dan 4 uang logam ini juga menampilkan berbagai aspek pengamanan uang.

(Penasaran? Beginilah Penampakan Uang Rupiah Keluaran Terbaru)

Terkait uang baru ini, seperti dilansir Kompas.com, Gubernur BI Agus DW Martowardojo menegaskan bahwa pengamanan uang kertas pecahan Rp1.000 hingga Rp100 ribu itu mencakup 9 hingga 12 jenis pengamanan. Aspek pengamanan tersebut mulai dari yang sudah diketahui masyarakat maupun pengamanan khusus—artinya belum diketahui masyarakat.

Meski demikian, Agus menyatakan bahwa pengamanan uang rupiah merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Aspek pengamanan tersebut pun mencapai beragam hal. “Salah satu yang terbaik di dunia. Ini pengamanan bisa 12 tipe pengamanan untuk uang Rp100 ribu,” kata Agus di Jakarta, Senin (19/12).

Mantan Menteri Keuangan Republik Indonesia ke-27 itu juga mengungkapkan bahwa pengamanan uang rupiah tersebut mencakup lima unsur. Pengamanan dalam uang kertas, imbuh dia, termasuk di antaranya dari aspek warna, benang, dan ultraviolet.

Bank sentral pun terus melakukan sosialisasi terkait ciri-ciri keaslian uang dan pengamanan uang rupiah. Agus mengungkapkan, aspek pengenalan uang tersebut adalah 3D alias Dilihat, Diraba, dan Diterawang.