Find Us On Social Media :

6 Cara Atasi Sakit Tenggorokan Tanpa Harus ke Dokter

By Ilham Pradipta M., Senin, 19 Desember 2016 | 13:02 WIB

Cara mengatasi Sakit Tenggorokan Tanpa Harus Ke Dokter

 Intisari-Online.com – Sakit tenggorokan termasuk salah satu alasan medis paling umum bagi banyak orang untuk pergi ke dokter. Sebenarnya, untuk mengatasinya kita bisa melakukan perawatan sendiri, loh. Jadi, tak harus langsung ke dokter untuk meminta obat pereda keluhan. Nah, berikut cara mengatasi sakit tenggorokan.

1. Minum obat antiperadangan 

Tak harus kedokter, sebab salah satu perawatan yang paling efektif untuk sakit tenggorokan, mungkin sudah ada di lemari kita. Yaitu, obat anti-inflammatories (peradangan) seperti Advil atau Aleve. Menurut Jeffrey Linder, dokter penyakit dalam di Brigham and Women’s Hospital, di Boston, obat antiperadangan dapat membuat kita merasa lebih baik. Obat ini bekerja dengan cara mengurangi beberapa pembengkakan terkait dengan sakit tenggororak.

2. Berkumur air garam 

Selidik punya selidik, berkumur air garam tak hanya dapat mengobati sakit gigi saja,loh. Berkumur air garam beberapa kali dalam sehari juga dapat menguragi pembengkakan di tenggorokan. Ia juga bisa melonggarkan lendir dan membantu menyingkirkan iritasi atau bakteri. Dokter biasanya menyarankan kita untuk melarutkan setengah sendok teh garam dalam satu cangkir. Tapi perlu diingat, kita tidak boleh menelannya, hanya berkumur saja. (Baca juga: Sakit Tenggorokan? Jangan Minum Kopi!)

3. Permen dan semprotan pelega tenggorokan 

Menghisap permen ini dapat merangsang produksi air liur. Hal itu dapat membantu tenggorokan kita  tetap lembab. Linder mengatakan, untuk menambahkan manfaat, sebaiknya kita memilih permen yang mengandung pendingin. Seperti mentol atau eucalyptus. Semprotan seperti Chloraseptic menghasilkan efek seperti permen pereda tenggorokan. Mereka tidak akan menyembuhkan sakit tenggorokan. Tapi dapat membantu untuk membuatnya terasa lebih nyaman. Menurut Linder, Semprotan ini mengandung antiseptik yang memiliki sifat antibakteri.

4. Teh 

Bosan meminum air mineral? Cobalah secangkir teh. Secangkir teh herbal dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Teh herbal mengandung antioksidan yang dianggap dapat memperkuat imunitas. Selain itu teh herbal juga dapat mencegah infeksi.

5. Sup ayam 

Sup ayam merupakan obat kuno untuk membantu meredakan flu dan sakit tenggorokan. Natrium dalam kaldu memiliki sifat antiinflamasi dan membuat tenggorokan terasa lebih baik. Sup  juga dapat menggantikan makanan yang terasa sakit ketika ditelan.

6. Istirahat 

Inilah  cara termudah untuk meredakan sakit tenggorokan. Namun, boleh dikata hal Ini mugkin bukan solusi yang tercepat, tapi dengan istirahat, kita dapat membuat tubuh siap untuk menghadapi ‘pertempuran’ infeksi yang menyebabkan sakit tenggorokan. Linder juga mengatakan, beristirahat dengan baik akan membantu untuk melawan virus. Sehingga kita bisa pulih lebih cepat.

Namun ingat ya, jika gejala yang kita alami menetap atau  semakin parah, segera konsultasikan ke dokter.