Find Us On Social Media :

Tips Memprioritaskan Pekerjaan

By Monalisa Darwin D, Selasa, 20 Desember 2016 | 12:30 WIB

yang harus dan tidak harus dilakukan saat bekerja

Intisari-Online.com - Tidak jarang seseorang terjebak dalam melakukan hal yang tidak begitu penting saat bekerja dan justru mengabaikan hal penting. Akibatnya, tumpukan pekerjaan terus bertambah dan sulit untuk menyelesaikannya. Tentunya ini membutuhkan perencanaan yang baik untuk meningkatkan kualitas kerja kita. Berikut adalah tips memprioritaskan pekerjaan:

1. Harus membeda-bedakan tugas pekerjaan

Pastikan setiap harinya kita memiliki daftar pekerjaan yang perlu diselesaikan berdasarkan deadline atau keperluan. Kerjakan lebih dulu pekerjaan yang benar-benar harus diselesaikan barulah melanjutkan yang lainnya. Bila kita tidak memiliki daftar tugas, maka kita akan kebingungan bahkan tidak menyadari ada pekerjaan paling penting yang perlu dikerjakan lebih dulu. Jadi, kita perlu membuat prioritas dari setiap tugas pekerjaan.

2. Harus mampu mengidentifikasi diri

Ada beberapa tugas yang tidak memerlukan konsentrasi penuh dan ada yang perlu. Identifikasilah setiap pekerjaan dengan baik dan temukan waktu serta cara tepat untuk kembalikan suasana hati dalam bekerja. Nikmati kopi sambil mengerjakan tugas tidaklah masalah, sehingga lebih bersantai dan dapat menetapkan batas waktu setelahnya.

3. Jangan kerjakan pekerjaan pribadi

Hindarilah mengerjakan kepentingan pribadi selama sedang bekerja, terutama di tempat kerja. Hal ini termasuk belanja online, memeriksa media sosial pribadi, dan sebagainya. Tanpa disadari, ini sangat menguras banyak waktu dan terbuang sia-sia.

4. Jangan bergosip

Ini sangat perlu dihindari karena dengan bergosip hanya akan membuang waktu secara sia-sia dan menciptakan penilaian buruk terhadap diri kita. Sekecil apapun pemberitaan di kantor yang tidak melibatkan kita, sebaiknya hindarilah dan jangan pernah ikut campur di dalamnya.

5. Jangan membuat janji yang tidak masuk akal

Janji yang dibuat kepada atasan atau anggota tim jangan pernah disepelekan. Bila tidak dapat memenuhi janji, sebaiknya jangan berjanji karena hanya akan menurunkan kredibilitas kita di tempat kerja. Pastikan waktu dengan tepat untuk menghindari janji yang tidak ditepati.

Itulah tips memprioritaskan pekerjaan. (magforwomen.com)