Find Us On Social Media :

10 Tips Untuk Pertahankan Kehidupan Seksual Jangka Panjang

By Monalisa Darwin D, Minggu, 18 Desember 2016 | 20:00 WIB

4 Cara Kembalikan Gairah Seksual Setelah 5 Tahun Menikah

Intisari-Online.com - Tidak mudah mempertahankan kehidupan seksual jangka panjang dalam pernikahan. Diperlukan komunikasi, keterbukaan, dan saling mengerti satu sama lain. Nah, untuk menghindari hal yang tidak inginkan, berikut adalah 10 tips untuk mempertahankan kehidupan seksual jangka panjang yang perlu Anda dan pasangan ketahui!

1. Komunikasi

Komunikasi adalah kunci utama dalam sebuah hubungan, termasuk untuk kehidupan seksual yang sehat, aktif, dan lancar untuk pasangan suami-istri. Bicarakanlah satu sama lain secara rutin terkait seksual. Pastikan pula untuk berkomunikasi dengan cara yang baik serta menyenangkan, sehingga tidak menyinggung pasangan.

2. Berbagi

Berbagilah tentang keinginan seksual kepada pasangan. Ketika komunikasi berjalan lancar, maka saling terbuka dan bersikap jujur akan terjadi. Namun, tak perlu terlalu kritis terhadap pasangan dan tidak terlalu memaksakan keinginan. Hal ini hanya sebatas menjelaskan apa yang Anda ingin coba atau rasakan.

3. Mengutarakan harapan

Selanjutnya, satu sama lain cobalah untuk mengutarakan harapan seksual atau bercinta. Jangan sampai memberikan keinginan atau pernyataan bohong karena akan menyakiti pasangan serta mengkhianati pernikahan. Bila harapan tidak terpenuhi, maka kembali pada komunikasi secara bijaksana harus dilakukan.

4. Usahakan kenyamanan

Perlu selalu mengingat bahwa hubungan seksual jangka panjang dapat mempererat serta memperdalam hubungan dan pengalaman pasangan. Tidak perduli berapa kali Anda dan pasangan telah bercinta, namun keajaiban dan kenyamanan akan selalu dirasakan satu sama lain.

5. Rutinitas Rutinlah bercinta, entah itu terjadwalkan ataupun secara spontan. Meski sibuk bekerja, tapi Anda dan pasangan perlu memberikan waktu untuk saling meningkatkan hubungan intim. Bila benar-benar sedang tidak ingin berhubungan seksual, hanya bercumbu saja sudah akan menjaga hubungan intim pasangan dan ini pada akhirnya dapat mengarah pada sesi selanjutnya.