Find Us On Social Media :

Inilah Enam Cara Menghasilkan Foto Berkualitas Tinggi Hanya dengan Menggunakan Smartphone!

By Lintang Bestari, Sabtu, 17 Desember 2016 | 11:34 WIB

DEngan smartphone, kita bisa juga menghasilkan foto yang bagus

Intisari-Online.Com – Smartphone tidak didesain untuk menghasilkan gambar berkualitas tinggi, namun sebagian dari kita tetap bergantung padanya untuk memotret hal-hal di keseharian. Jika ingin mendapat foto berkualitas tinggi dengan menggunakan smartphone, berikut cara-cara yang bisa dilakukan:

(Inilah Kumpulan Foto Terbaik dari Kompetisi Fotografi Alam National Geographic)

Eksperimen dengan Rule of Third

The rule of third merupakan prinsip fotografi yang harus diketahui untuk menempatkan subyek foto di posisi yang pas. Inti dari Rule of Thirds adalah garis bantu untuk membagai frame foto menjadi sembilan bagian yang sama besar, dengan menarik dua garis sejajar pada horizon dan dua garis sejajar pada vertikal. Agar lebih mudah kita bisa menggunakan gridlines sebagai panduan saat memotret subyek. Untuk mengaktifkan gridline di Android, buka aplikasi kamera, klik ikon setting, scroll ke bawah dan tekan “Grid lines”.

Optimalkan cahaya

Cahaya yang baik merupakan hal krusial jika ingin menghasilkan foto bagus dengan smartphone. Namun sayangnya, beberapa smartphone tidak dilengkapi flash dan cahaya yang memadai. Jika ingin menghasilkan foto yang berkualitas, maka pilih smartphone yang pengaturan cahayanya cukup baik.

Fokus

Jika ingin mendapatkan foto yang sedikit artistik, kita bisa mencapainya dengan menciptakan efek Bokeh (di mana latar belakang obyek tampak kabur dan obyek utamanya sangat fokus). Cara menghasilkan efek tersebut sangat mudah yaitu hanya dengan mengetuk layar smartphone di bagian obyek yang ingin difokuskan.

(Kumpulan Bukti tentang Pertempuran Perang Dunia Kedua dalam Foto-foto)

Gunakan ruang negatif

Salah satu prinsip penting pada estetika fotografi adalah dengan menggunakan ruang negatif. Jika dilakukan dengan baik, ruang negative merupakan alat yang baik untuk membuat subyek foto kita terlihat lebih menonjol. Ruang negatif itu bisa apa saja – mulai dari langit atau dinding bangunan. Apa pun asalkan tidak mengurangi fokus dari subyek utama.

Bermain dengan perspektif