Find Us On Social Media :

Kontrol Emosi di Tempat Kerja dengan Beberapa Cara Ini

By Monalisa Darwin D, Senin, 19 Desember 2016 | 10:00 WIB

Lakukan 7 Kebiasaan Ini Sehari-hari untuk Mencapai Kesuksesan di Tempat Kerja! (2)

Intisari-Online.com - Tidaklah mudah untuk memiliki emosi positif ketika berada di tempat kerja. Hal ini akan berujung pada masalah yang tidak diinginkan bila terus terjadi. Ketika emosi negatif berlebihan muncul, maka dapat berakibat buruk bagi kehidupan pribadi maupun pekerjaan. Mulailah untuk mengontrol emosi di tempat kerja dengan beberapa cara berikut ini:

1. Napas dalam-dalam

Menarik napas dalam-dalam kemudian mengembuskannya perlahan akan menenangkan saraf serta menjadikan tubuh lebih santai. Rasakan setiap napas yang dihirup dan fokuslah pada pernapasan yang lebih dalam untuk beberapa saat. Tindakan ini dapat mengalihkan pikiran dari emosi negative.

2. Mengatakan kata-kata positif

Bagaimanapun, kata-kata dapat meningkatkan semangat dan suasana hati. Cobalah untuk mengucapkan kata-kata positif atau yang menenangkan ketika emosi negatif muncul, seperti “tenangkan diri”, “control emosi”, “tetap tenang”, dan lainnya. Ini dapat membantu diri untuk menyalurkan pikiran dan energi dari kemarahan atau emosi negatif lainnya.

3. Tetap tenang dan diam

Mungkin cara ini tidak mudah, namun kita perlu melakukannya. Jangan berbicara untuk sementara waktu kepada orang-orang sekitar ketika sedang memiliki emosi negatif. Bicaralah pada diri sendiri, sehingga dapat mengontrol diri pula. Bila kita berbicara saat emosi sedang buruk, kemungkinan akan memperkeruh keadaan.

4. Hindari perkataan negatif atau kasar

Ketika memiliki emosi negatif dan kita diharuskan berbicara dengan atasan atau rekan kerja, hindarilah kata-kata negatif. Ini justru akan menyebabkan penilaian buruk serta menurunkan reputasi diri kita sendiri. Selalu kontrol diri dan memilih perkataan yang paling tepat agar dapat menjaga situasi tetap baik.

5. Bersikap rasional

Emosi negatif atau kemarahan sering terjadi karena pandangan yang tidak objektif dan tidak rasional dalam melihat sebuah situasi. Cobalah untuk tenangkan diri dan berpikir tentang penyebab dari emosi yang buruk. Dengan ini kita dapat menemukan alasan yang tepat dalam menghadapinya secara rasional.