Find Us On Social Media :

Kesulitan adalah Batu Asah Kehidupan yang Bisa Mengantar pada Kebesaran Karya

By K. Tatik Wardayati, Senin, 19 Desember 2016 | 12:00 WIB

Batu asah kehidupan

Intisari-Online.com – Kesulitan adalah batu asah kehidupan.

Beethoven melahirkan karya-karya besarnya setelah menjadi tuli. Sir Walter Raleigh menuliskan Sejarah Dunia selama dipenjara tiga belas tahun. Jika Columbus telah berubah lagi, tidak ada yang bisa menyalahkan dia, mengingat kesulitan yang dialaminya. Tentu saja, tidak akan ada yang ingat baiknya dia. Abraham Lincoln mencapai kebesaran oleh tampilan kebijaksanaan dan karakternya selama kehancuran Perang Saudara. Luther menerjemahkan Alkitab saat ia berada di kurungan Kastil Wartburg. Di bawah hukuman mati dan selama dua puluh tahun di pengasingan, Dante menulis Divine Comedy. John Bunyan menulis Pilgrim's Progress dalam penjara Bedford.

Mary Groda-Lewis mengalami enam belas tahun buta huruf karena disleksia yang belum diakui, ia berkomitmen untuk tinggal di asrama pada dua kesempatan yang berbeda, dan hampir meninggal karena stroke saat melahirkan. Berkomitmen untuk pergi ke perguruan tinggi, ia bekerja di berbagai pekerjaan aneh untuk menghemat uang, lulus dengan kesetaraan SMA-nya pada usia delapan belas, bernama mahasiswa Oregon pada perguruan luar biasa Bound. Bertekad untuk menjadi seorang dokter, ia menghadapi lima belas penolakan sekolah medis sampai Albany Medical College akhirnya menerimanya. Pada tahun 1984, Dr. Mary Groda-Lewis, di usia tiga puluh lima, lulus dengan pujian untuk memenuhi mimpinya.

Kesulitan adalah batu asah kehidupan. Apakah ini akan menggiling kita ke bawah atau memoles kita menjadi lebih cemerlang?