Find Us On Social Media :

Tips Bekerja di Perusahaan Asing

By Esra Dopita M Sidauruk, Jumat, 16 Desember 2016 | 09:00 WIB

Tips Bekerja di Perusahaan Asing

Intisari-Online.com - Tentu ada kesan tersendiri bekerja di perusahaan asing atau dengan bos asing. Selain dapat belajar budaya yang berbeda, kesempatan karier di dunia internasional pun lebih besar. Syukur-syukur mendapat promosi untuk bekerja di negara asal perusahaan. Tapi, perlu juga diketahui tips bekerja di perusahaan asing ini.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips bekerja di perusahaan ekspatriat atau bos ekspatriat, menurut Handi Kurniawan, Global Human Resources Leader dan penulis buku Go Global: Guide to a Successful International Career:

Karier Melesat Berkat Multibahasa

  1. Kenali setiap budaya perusahaan

Setidaknya, ada tiga jenis budaya yang perlu dikenal jika ingin bekerja di perusahaan asing atau dengan bos ekspatriat, yakni budaya perusahaan sendiri, budaya negara perusahaan itu berasal, dan budaya dari function atau departemen karyawan berada.

Misalnya, perusahaan Amerika atau Inggris cenderung lebih tegas, menghargai setiap pendapat, dan senang terhadap karyawan yang aktif. Sedangkan, perusahaan Jepang dan Korea cenderung kaku. Mereka masih menjunjung tinggi senioritas.

  1. Mengasah kemampuan lebih

Selain kemampuan bahasa asing, bekerja di perusahaan ekspatriat juga diperlukan pemikiran yang kritis, ide yang cemerlang, kemandirian, kemampuan memecahkan masalah, kolaborasi, dan inovasi. Hal tersebutlah yang kebanyakan diinginkan oleh bos ekspatriat.

Pentingnya Pendidikan Kepribadian demi Mendongkrak Karier

  1. Bangun Kepercayaan

Biasanya, membangun kepercayaan dengan orang yang berbeda budaya dari kita jauh lebih sulit. Namun, jika hal itu dapat terwujud akan memudahkan Anda dalam bekerja. Langkah awal yang dapat dilakukan untuk membangun kepercayaan adalah dengan memahami karakter satu sama lain.