Find Us On Social Media :

Dewa Baru Masyarakat Jepang Itu Bernama ... Golongan Darah

By Intisari Online, Senin, 25 Juni 2018 | 20:03 WIB

Intisari-Online.com - “Apa golongan darahmu?”

Pertanyaan itu akan terdengar biasa, bila terlontar di antara kita. Namun tidak di Jepang.

Bagi masyarakat Jepang, golongan darah bisa jadi pembahasan serius, dari cara mengendarai mobil hingga pekerjaan yang cocok.

Tahun 2012 yang lalu, empat dari sepuluh buku terlaris di Jepang berbicara tentang bagaimana golongan darah menentukan karakter seseorang.

Menurut distributor buku terbesar, Tohan Co, penerbit Bungeisha berhasil menjual serial buku karakter dan golongan darah B, O, A, dan AB sebanyak 5 juta kopi.

Baca juga: Karena Perbedaan Golongan Darah, Khairul pun Mendobrak Keterbatasan

Taku Kabeya, pemimpin redaksi di Bungeisha berpendapat, tingginya antusiasme terhadap buku karakter dan golongan darah timbul dari keingintahuan pembaca akan karakter dirinya sendiri.

Seperti yang didefinisikan oleh buku tersebut. Golongan darah A sangat sensitive, perfeksionis, namun mudah cepat.

Golongan darah B adalah orang-orang yang ceria, eksentrik, namun sangat egois. Golongan darah O suka penasaran, murah hati, namun keras kepala.

Sedang AB sangat artistik, misterius, dan tak dapat diprediksi. Seperti horoskop, namun masyarakat Jepang terbukti tak mempedulikannya.

Persoalan golongan darah ini memang tak main-main. Mantan Perdana Menteri Jepang, Taro Aso, bahkan menyelipkan golongan darahnya di riwayat hidupnya.

Ia bergolongan darah A. Sedang rivalnya, Ichiro Ozawa, bergolongan darah B.

Penempatan golongan darah di kalangan masyarakat Jepang juga merambah hingga permainan video dan kantung kejutan hadiah berisi asesoris perempuan.