Find Us On Social Media :

5 Hal yang Sering Kita Pakai dalam Kehidupan Sehari-hari Ini Ternyata Inovasi NASA, Apa Sajakah?

By Lila Nathania, Selasa, 13 Desember 2016 | 08:00 WIB

Teknologi GPS milik NASA

Intisari-Online.com – Beberapa hal yang sering kita pakai di dunia sehari-hari ternyata merupakan buatan NASA. Apa sajakah itu?

1. Sistem GPS yang bisa membuat kendaraan menyetir sendiri

Ada banyak kendaraan yang sekarang sedang diuji coba agar kelak bisa berjalan sendiri tanpa disetir. Salah satu perusahaan yang terkenal akan teknologi-teknologi seperti ini adalah Google. Namun, ternyata NASA sudah lebih dulu memiliki teknologi ini dan menerapkannya pada dnia pertanian.

Para petani sudah bisa menikmati teknologi traktor yang bisa menyetir sendiri selama lebih dari satu dekade. Teknologi GPS ini sudah digunakan sejak pertengahan era 1990-an, masa di mana teknologi tersebut masih sangat baru.

Dengan teknologi ini, kita bisa membuat peta dari lahan pertanian kemudian menggabungkan data itu dengan informasi-informasi lain seputar ladang yang akan digarap. Masalah yang dialami pada waktu itu tentu saja akurasi. Bagaimana bisa menyetir traktor dengan sistem GPS secara akurat.

Melalui percobaan dan pengembangan selama bertahun-tahun, akhirnya NASA bisa menciptakan sistem GPS yang sangat akurat dan diberi nama Real-Time GIPSY (RTG). Software ini adalah salah satu temuan terbesar NASA yang memberikan sumbangsih sangat besar pada masyarakat modern. Berkata NASA, kita bisa memiliki navigasi GPS yang sangat akurat di seluruh dunia.