Penulis
Intisari-Online.com - Adalah tugas seorang manajer untuk memastikan timnya bekerja dengan maksimal dan mendapati hasil terbaik. Tidak sekadar memerintah atau menyuruh bawahan, namun manajer juga perlu menjadi teladan yang baik. Dan, untuk menjadi manajer yang sukses, cobalah 10 tips berikut ini:
1. Memberikan delegasi dengan baik
Seorang manajer bertanggung jawab untuk mengetahui siapa yang tepat untuk dipilih mengerjakan sebuah tugas atau proyek tertentu. Untuk ini, manajer harus memperhatikan potensi serta keterbatasan dari masing-masing anggota timnya. Dengan ini pula dibutuhkan analisis dan observasi secara intens. Ketika tepat dalam mendelegasi, maka tim akan mencapai kesuksesan bersama.
(Manajer Kampanye Donald Trump Akui Pihaknya Tertinggal dari Hillary Clinton)
2. Memimpin dengan contoh
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ketika meminta anggota tim untuk bekerja atau melakukan pekerjaan dengan suatu hal tertentu, manajer perlu memastikan bahwa ia juga melakukan hal yang sama. Anggota tim akan mengikuti bagaimana manajer-nya, sehingga berhati-hatilah dalam membuat keputusan dan menetapkan aturan yang ingin dijalankan anggota tim.
3. Memberikan motivasi dengan cara tepat
Seorang manajer juga harus mampu memberikan motivasi dan semangat kepada tim ketika menghadapi pekerjaan atau tugas yag sulit agar tidak mengalami frustasi hingga kegagalan. Memberikan motivasi akan membuat tim lebih percaya diri dan meningkatkan kualitas diri mereka masing-masing.
(Pemilik Perusahaan Ini Membuka Lowongan untuk Manajer yang Sekaligus Bisa Menjadi Menantu)
4. Berikan saran yang membangun
Bila anggota tim ada yang melakukan kesalahan atau kegagalan, seorang manajer yang benar adalah memberikan saran yang membangun. Jadi, bukan dengan memarahi atau membentak-bentak anggota tim. Beritahu kesalahan atau kekurangan mereka dan tunjukkan bagaimana seharusnya mereka bertindak. Selain membantu mereka menyadari kesalahan, ini juga akan membuat mereka tidak mengulangi kesalahan yang sama dan tetap fokus pada tujuan tim.
5. Tahu bagaimana menjaga kebersamaan tim
Anggota tim tentu memiliki berbagai sifat dan karakter. Tidak jarang di antara mereka memiliki masalah, ego, hingga konflik. Inilah yang juga menjadi tanggun jawab seorang manajer, dimana harus tahu bagaimana tetap menjaga kebersamaan tim dan menjadi tim terhindar dari konflik ketika sedang bekerja.