Find Us On Social Media :

8 Fakta Mengejutkan Dari Nokia yang Dahulu Kala Pernah Berjaya

By Bramantyo Indirawan, Selasa, 6 Desember 2016 | 17:46 WIB

Nokia dahulu berjaya

Intisari-Online.com – Dahulu kala Nokia sempat berjaya sebagai produsen telepon genggam. Kehadiran tren smartphone seakan menggeser mereka dan perusahaan seperti Apple dan Samsung menjadi yang terdepan dalam penjualan gawai ini.

Tentunya hal ini tidak membuat perusahaan asal Finlandia ini mengurungkan niatnya untuk terus bersaing. Berkerjasama dengan Microsoft, Nokia harus mengalami kekalahan dalam penjualan dan popularitas saat menghadapi raksasa lainnya.

Baca juga: Nokia Konfirmasi akan Rilis Smartphone Tahun Depan

Kemungkinan tetap muncul bagi Nokia untuk kembali bersaing di pasar smartphone. Melihat ke masa lalu mereka sempat menjadi teratas, bahkan telepon buatannya menjadi yang terlaku sepanjang sejarah dalam jumlah penjualan. Ingin tahu hal menarik lainnya? Berikut adalah 8 fakta mengejutkan dari Nokia.

1. Terlaku sepanjang sejarah

Memang benar, telepon ciptaan Nokia menduduki peringkat satu dalam jumlah penjualannya. Modelnya adalah Nokia 1110 yang diluncurkan pada tahun 2005 dan berhasil menjual 250 juta unit di seluruh dunia.

Hal yang tidak kalah mengejutkan adalah bahwa lima telepon genggam dengan penjualan tertinggi sepanjang masa merupakan produk Nokia juga. Apabila Nokia 1110 di peringkat satu, Nokia 3210 menyusul dengan penjualan mencapai 160 juta.

Kemudian Nokia 1200 (150 juta unit terjual) seri dengan Noklia 5230 (150 juta unit) dan Nokia 3310 di peringkat kelima yang berhasil menjual 136 juta unit.

2. Dahulu perusahaan kertas

Ya, perusahaan yang dikenal menjual telepon genggam ini dahulu memproduksi kertas. Ditemukan pada tahun 1865 oleh seorang insinyur tambang bernama Fredrik Idestam, nama “Nokia Oyj” baru ditemukan di tahun 1871 bersama rekannya yang bernama Leo Mechelin.

3. Berasal dari nama sungai

Nokianvirta adalah sungai di Finlandia yang dipenggal untuk menjadi nama dari Nokia. Kota Nokia juga hadir di Finlandia dan perusahaan ini pernah memiliki pabrik bubur kertas di daerah itu. Jadi nama perusahaan ini bisa berasal dari dua nama itu. Noki sendiri memiliki arti jelaga, sebuah butiran-butiran arang halus.

4. Produsen sepatu karet

Setelah memproduksi kertas, Nokia tidak langsung berkecimpung di dunia telepon genggam. Mereka terlibat dalam berbagai bisnis seperti karet yang menghasilkan kabel dan sepatu. Baru pada tahun 1960 perusahaan ini terjun ke dalam dunia eletronik.