Find Us On Social Media :

Inilah, 7 Jembatan Terpanjang di Dunia

By Mentari Desiani Pramudita, Selasa, 6 Desember 2016 | 14:30 WIB

Tianjin Grand Bridge.

Intisari-Online.com- Anda tahu jembatan Suramadu? Jembatan yang menghubungkan dua kota yakni kota Surabaya dan Madura ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia. Diresmikan pada Juni 2009, panjangnya sekitar 5 kilometer.

Di dunia sendiri, ada banyak jembatan yang menghubungkan antara dua kota bahkan beberapa kota. Ada jembatan jalan tol seperti jembatan Suramadu, ada juga jembata khusus kereta api. Berikut daftar 7 jembatan terpanjang di dunia.

Danyang-Kunshan Grand Bridge

Jembatan terpanjang di dunia pertama terletak di China. Panjangnya sekitar 164,8 kilometer. Jembatan ini melintang dari Shanghai ke Nanjing di Provinsi Jiangsu, China Timur. Jembatan yang memegang Guinnes World Record ini hanya bisa dilewati oleh kereta api berkecepatan tinggi.

Untuk membuat jembatan ini, pemerintah China memperkerjakan kurang lebih 10.000 pekerja selama 4 tahun dengan biaya sekitar 8,5 miliar US Dollar (Rp113 triliun). Tahun 2010 jembatan ini selesai dikerjakan dan tanggal 30 Juni 2011 resmi dibuka untuk umum.

Tianjin Grand Bridge

Selain Danyang-Kunshan Grand Bridge, China memiliki satu lagi jembatan terpanjang di dunia. Namanya Tianjin Grand Bridge. Panjangnya sekitar 113,7 kilometer dan menempati urutan dua sebagai jembatan terpanjang di dunia. Sama halnya dengan Danyang-Kushan, jembatan ini juga merupakan jembatan kereta api. Ia membentang antara Langfang ke Qingxian.

Bang Na Expressway

Jembatan terpanjang di dunia lainnya adalah Bang Na Expressway. Letaknya ada di Bangkok, Thailand. Jika dua jembatan di China dilalui oleh kereta api cepat, maka jembatan ini merupakan jalan tol yang dimiliki Expressway Authority of Thailand (EXAT).  Panjangnya sekitar 54,99 kilometer. Dalam pembuataannya, diperlukan 1.800.000 meter kubik beton. Struktur jembatan dirancang oleh Asian Engineering Consultans. Jembatan ini resmi dibuka pada tahun 2000 dan menyediakan 12 jalur jalan tol.

bersambung ke halaman 2...