Find Us On Social Media :

Parah, Semua Benda Buatan Manusia di Atas Bumi Seberat 30 Triliun Ton

By Hery Prasetyo, Selasa, 6 Desember 2016 | 11:00 WIB

Ilustrasi bumi yang terus berubah wajah.

Intisari-Online.com - Manusia telah mengubah permukaan bumi begitu ganasnya. Bumi semakin sesak. Bahkan, jika dihitung, semua benda buatan manusia di atas bumi sudah seberat 30 triliun ton.

Benda itu termasuk kendaraan, konstruksi bangunan di darat, laut, udara, infrastruktur, setiap keping teknologi, dan semua sampahnya. Semua obyek itu secara kolektif dikenal sebagai technosphere bumi.

Jika didistribusikan ke permukaan bumi, maka setiap akan ada 50 kilogram untuk setiap satu meter persegi. Demikian keterangan para peneliti, seperti diberitakan Live Science, Senin (5/12/2016).

"Itu semua struktur yang diciptakan manusia untuk bertahan hidup. Sekarang dalam jumlah yang sangat banyak di atas planet ini: rumah, pabrik, pertanian, pertambangan, jalan, bandara, pelabuhan dan sebagainya," jelas Jan Zalasiewicz, profesor palaeobiologi di Universitas Leicester, Inggris.

"Technosphere adalah sebuah sistem, dengan dinamika dan alur energinya, dan manusia harus membantunya untuk tetap bertahan," katanya.

Penampilan technosphere dihubungkan dengan zaman geologi yang baru digambarkan yang disebut Anthropocene. Sebuah periode yang didefinisikan sebagai pembentukan ulang humanisme tentang bumi yang meluas dari tahun 1950-an sampai sekarang.

"Technospere mungkin secara geologi sangat muda, tapi berevolusi dengan kecepatan dan kemarahan. Ini juga sudah meninggalkan jejak di plante," kata Zalasiewicz.