Find Us On Social Media :

Baru Berusia Setahun, JOOX Merajai Pasar Streaming Musik di Indonesia

By Agus Surono, Kamis, 1 Desember 2016 | 15:41 WIB

Joox menjadi aplikasi paling populer di Indonesia

Intisari-Online.com - Setelah eranya kaset dan compact disc, masyarakat kini lebih sering menggunakan aplikasi mobile untuk mendengarkan streaming musik.

Dari hasil studi yang dilakukan McKinsey mengenai bagaimana digitalisasi membawa pengaruh positif dalam perkembangan ekonomi Asia, Joox terpilih sebagai aplikasi musik streaming paling populer di Indonesia dan juga di tiga negara kawasan Asia, yaitu Hongkong, Thailand, dan Malaysia.

Penelitian itu juga memaparkan bahwa pendapatan musik digital di Asia tumbuh lebih cepat dari industri musik dalam skala global.

Industri musik digital di Asia tumbuh sebesar 8,8 persen per tahun dengan prediksi kenaikan sebanyak 15 persen pada tahun 2020.

(Sejarah Industri Musik Indonesia: Kaset Menggusur PH)

Sejalan dengan hal ini, International Federation of the Phonographic Industry (IFPI) melalui Global Music Report 2016 menjelaskan peningkatan angka pengguna ponsel pintar serta pengembangan infrastruktur berbasis internet turut mendukung perkembangan industri musik digital, khususnya layanan musik streaming.

McKinsey juga menjelaskan, pada awal tahun 2011, pendapatan dari unduh lagu 72 persen lebih tinggi dibandingkan pendapatan musik digital. Namun di tahun 2015, rasio ini berubah menjadi 43 persen untuk musik digital berbanding 45 persen pendapatan unduh lagu.

Tahun ini, Joox juga menjadi nomor satu untuk kategori aplikasi musik streaming berdasarkan hasil survey AppsAnnie, baik itu di platform Android maupun iOS.

"Sejak diluncurkan pada 2015, Joox memang selalu menawarkan solusi bagi konsumennya untuk mendapatkan konten musik berkualitas secara legal dan aman, serta memberikan kanal distribusi baru bagi label musik. Joox juga membantu mengakselerasi perkembangan industri musik lebih sehat dengan cara menjaga hak cipta karya kreatif," ujar Senior Director Tencent - pengembang aplikasi JOOX, Benny Ho, di Jakarta, Rabu (30/11).

(Industri Rekaman, Nasibmu Kini)

Di perayaan satu tahunnya di Indonesia, Joox juga memperkenalkan inovasi barunya berupa fitur V-Station yang memberikan kesempatan bagi penikmat musik dan para musisi untuk saling berkomunikasi.

Benny menyampaikan, Joox merupakan satu-satunya penyedia layanan musik streaming yang memiliki fitur tersebut. Fitur terbaru ini juga akan memberikan pengalaman video chatting yang berbeda dari sebelumnya.