Find Us On Social Media :

Empat Cara Membedakan Aplikasi Asli dan Palsu Di Play Store

By Mentari Desiani Pramudita, Selasa, 29 November 2016 | 17:25 WIB

11 Aplikasi Play Store Terbaik Tahun 2013 Versi Google (1)

Intisari-Online.com- Apa yang menjadi ketentuan Anda ketika ingin men-download sebuah aplikasi di App Store atau Google Play? Jika hanya mencari aplikasi free alias gratis, Anda harus waspada. Ini juga berlaku untuk aplikasi yang bayar.

Sebab, ditemukan beberapa aplikasi palsu yang berpotensi merugikan penggunanya. Seperti mencuri data pribadi, menyebarkan virus di smartphone, sampai ada tagihan uang. Untuk mengatasinya, berikut tips yang bisa dilakukan dalam memilih aplikasi yang tepat dan bukan palsu.

(Baca juga: Cukup Rp3.000, Pengguna Android Indonesia Sudah Bisa Beli Aplikasi di Play Store)

Melihat nama pengembang aplikasi

Selain nama dan fungsi aplikasi, yang pengguna harus perhatikan adalah perusahaan yang mengembangkan aplikasi tersebut. Seperti aplikasi Line yang nama pengembangnya adalah LINE Corporation atau Snapchat yang nama pengembangnya adalah Snap Inc.

Biasanya penjahat cyber menggunakan nama-nama yang mirip dengan perusahaan aslinya. Misal Overstock, perusahaan aslinya adalah Overstock.com. Sementara yang palsu adalah Overstock Inc.

Untuk menambah referensi Anda, di samping setiap nama pengembang aplikasi terkenal ada tanda biru.

Memeriksa review

Mungkin tips ini berguna bagi Anda yang ingin mendownload game atau aplikasi pendukung editing camera lainnya. Sebab, jumlahnya sangat banyak. Anda harus benar-benar menemukan aplikasi yang asli dan tepat. Jika merasa bingung karena nama dan fungsinya mirip, coba periksa review dari pengguna lainnya. Biasanya ada banyak yang memberi komen tentang kepuasannya pada aplikasi ini.