Find Us On Social Media :

Inilah Empat Alasan Mengapa Warna Rambut Berubah Menjadi Abu-abu

By Ilham Pradipta M., Selasa, 29 November 2016 | 07:03 WIB

Gaya hidup seseorang juga menjadi faktor yang menyebabkan warna rambut berubah menjadi abu-abu

Intisari-Online.com – Kebanyakan rambut seseorang akan berubah warna menjadi putih atau silver ketika usianya menginjak 30-an.  Selain putih atau silver, ada juga beberapa orang yang rambutnya berubah menjadi abu-abu. Namun, sayangnya hal ini juga dapat terjadi di usia 20-an. Selidik punya selidik, gaya hidup seseorang juga menjadi faktor yang menyebabkan warna rambut berubah menjadi abu-abu. Nah, berikut selengkapnya.

1.Super stres 

Stres di sini bukan lagi stres ringan, tapi stres dalam tingkat tinggi. Paru ahli telah yang memperdebatkan hubungan antara stres dengan rambut abu-abu, telah menemukan beberapa hubungan di antara keduanya. Sebuah studi dari New York University menemukan bahwa stres dapat menyebabkan berkurangnya sel induk dari dasar folikel rambut pada tikus.

Meskipun tak banyak bukti yang mendukung kalau stres yang jadi biang keladinya, tapi menurut Marie Jhin, MD, dermatologist dan direktur Premier Dermatology di San Francisco, ada banyak bukti anekdotal yang dapat kita lihat. Misalnya, bisa dilihat dari foto beberapa Presiden Amerika Serikat ini: 

2. Kondisi medis tertentu 

Dalam beberapa kasus yang langka, berubahnya warna rambut menjadi abu-abu secara prematur, dapat dipicu oleh masalah kesehatan tertentu. Penyakit tiroid atau masalah pada kelenjar hipofisis, misalnya. Selain itu, penyakit autoimun yang menyerang kulit dan rambut seperti alopecia atau vitiligo, juga bisa menjadi penyebabnya.

“Automimun berarti sel-sel tubuh Anda menyerang tubuh Anda sendiri. Jadi jika tubuh Anda menyerang sel-sel rambut, itu dapat membuatnya menjadi abu-abu” jelas Jhin.

3. Kekurangan vitamin 

Nah, berhati-hatilah bagi Anda yang kekurangan vitamin, khususnya vitamin B12. Sebab kekurangan vitamin B12 bisa menjadi penyebab lain yang dapat mengubah warna rambut menjadi abu-abu.  Risiko kekurangan vitamin B12 akan semakin meningkat pada mereka yang merapkan vegetarian, dan menggunakan pil kontrol kelahiran. Nah, berubahnya warna rambut terkait vitamin B12, kemungkinan besar hal itu disebabkan oleh anemia pernisiosa. Anemia pernisiosa sendiri merupakan penurunan sel darah merah yang disebabkan karena usus yang tidak dapat menyerap vitamin B12 dengan efektif.

4. Perokok 

“Rokok adalah hal terburuk yang Anda lakukan untuk kulit dan rambut Anda sendiri,” ujar Jhin. Bahkan, beberapa penelitian telah menunjukkan hubungan antara merokok dengan timbulnya uban sebelum usia 30 tahun. Menurut Jhin, kita mungkin memang tidak dapat melihat kerutan pada kulit kepala, tapi merokok sangat mempengaruhi folikel rambut.

Jhin juga menekankan, kalau keempat faktor ini berperan besar dalam mengubah warna rambut menjadi abu-abu dibandingkan dengan faktor gen. Namun, bila rambut Anda berubah warna menjadi abu-abu di suia 20-an, dan tak ada seorang pun anggota keluarga Anda yang mengalaminya, sebaiknya segeralah untuk meminta keterangan dokter. Tujuannya untuk memastikan tak ada masalah pada tiroid dan kadar vitamin dalam tubuh.