Find Us On Social Media :

Inilah 5 Kegagalan Amerika Membunuh Fidel Castro

By Hery Prasetyo, Senin, 28 November 2016 | 08:15 WIB

Pemimpin Kuba, Fidel Castro.

Intisari-Online.com - Keberadaan pemimpin Kuba, Fidel Castro, dikenal sebagai musuh sebagai musuh bebuyutan Amerika Serikat. Berbagai usaha dilakukan Amerika untuk menyingkirkan Fidel Castro. Bahkan, Castro sendiri pernah mengaku lolos dari 634 kali upaya percobaan pembunuhan. Namun, ada 5 kegagalan Amerika membunuh Fidel Castro yang cukup bersejarah.

Kebanyakan upaya pembunuhan itu dirancang oleh Badan Intelijen Amerika Serikat (CIA). Namun, tak satu pun usaha itu berhasil, hingga akhirnya Castro wafat karena usia lanjut Jumat (25/11/2015) lalu.

Berikut lima upaya luar biasa yang disebut dilakukan CIA demi menghabisi nyawa sosok revolusioner komunis itu, seperti dirilis laman vox.com.

1. Cerutu Beracun

Castro terkenal sebagai perokok berat. CIA pun memanfaatkan hobi Castro ini untuk membunuhnya.

Rilis dari dokumen CIA menunjukan di tanggal 13 Februari 1961, CIA memberikan bungkusan cerutu favorit Castro yang sudah dicampur dengan racun botolinum kepada agennya untuk diserahkan ke Castro.

Saking mematikannya botolinum itu, siapapun yang mengisapnya akan langsung mati seketika.

Namun catatan dokumen tersebut tidak pernah memberitahu apakah akhirnya cerutu mematikan itu sampai ke tangan Castro.

2. Es Krim Beracun

Tidak banyak yang tahu Castro merupakan penggemar berat es krim. Di pertengahan tahun 1961 CIA hampir bisa dikatakan sangat dekat untuk melenyapkan Castro.

Catatan dari buku "Legacy of Ashes" menunjukan Tony Varona, mata-mata ternama CIA untuk Kuba berhasil menyerahkan botol kecil berisi racun ke seorang pelayan restoran.

Ada pun tugas pelayan restoran itu adalah menyelipkan botol racun itu ke cone es krim yang akan disantap Castro.