Find Us On Social Media :

6 Hal Buruk yang Bisa Terjadi Jika Anda Terlalu Pintar

By Lila Nathania, Sabtu, 26 November 2016 | 18:43 WIB

Hal buruk yang bisa terjadi jika terlalu pintar

Intisari-online.com - Sejak dulu, kata terlalu selalu datang dengan konsekuensi yang tidak baik. Inilah enam hal yang bisa terjadi jika Anda terlalu pintar.

Sebagian besar orang mungkin mengira bahwa dengan IQ yang lebih tinggi, orang akan maenjadi lebih pintar dan lebih bahagia. Namun, ada saatnya ketika kepintaran ini justru membuat kita mendapatkan hal yang buruk. Inilah beberapa diantaranya.

1. Anda lebih sering berpikir ketimbang merasakan

Untuk sebagian besar orang pintar, mereka bisa mengatakan emosinya tanpa benar-benar merasakan emosi tersebut. Ia bisa saja merasakan satu emosi kemudian memikirkannya dan mengatakannya begitu saja.

(Baca juga: Hebat! Anak Berusia Tiga Tahun Ini Sudah Pintar Memasak Bagaikan Chef Profesional)

Orang yang pintar secara verbal biasanya akan langsung menerjemahkan perasannya ke dalam kata-kata dan seringkali hal itu tanpa disertai perasaan. Bagi orang yang belum memahaminya, hal ini bisa terdengar kasar dan tidak berperasaan. Bagi orang pintar, hal ini wajar saja karena ia memang sedang menjelaskan emosinya secara verbal.Bagi orang-orang yang pintar, mereka juga sering merasa tak perlu banyak menggunakan perasaan. Mereka akan menyelesaikan masalah dengan logika dan kepintarannya.

2. Orang lain merasa terganggu ketika dikoreksi

Terkadang orang pintar memiliki tendensi untuk memperbaiki setiap kesalahan yang ia temui, begitu juga dalam pembicaraan. Ketika ada orang yang salah berkata, orang pintar akan berusaha membenarkan. Hal ini bisa menjadi hal yang buruk. Tidak semua orang senang dikritik. Karena itulah, orang-orang mungkin akan menjauhi orang pintar. Orang pintar ini tentu akan sulit mendapatkan teman.