Find Us On Social Media :

Ini Dia Lima Vitamin Untuk Melawan Jerawat

By Monalisa Darwin D, Sabtu, 26 November 2016 | 17:00 WIB

8 Makanan Wajib untuk Kulit Sempurna (1)

Intisari-Online.com - Jerawat menjadi salah satu musuh banyak orang. Salah satu penyebabnya  adalah stres. Studi menunjukkan bahwa berbagai vitamin dapat mengurangi efek dari masalah jerawat.

Vitamin dan mineral adalah antioksidan yang kuat untuk membantu menghilangkan kotoran pada kulit, terutama jerawat. Untuk mendapatkan vitamin serta mineral secara alami, kita perlu mengonsumsi makanan yang begizi. Dan, inilah lima vitamin untuk melawan masalah jerawat yang perlu diketahui:

1. Vitamin A

Vitamin A adalah antioksidan yang kuat dan bekerja baik bagi tubuh. Vitamin ini penting dalam menjaga membrane mukosa dan membersihkan racun. Ini kemudian melawan jerawat serta menurunkan produksi minyak dan mengencangkan jaringan pelindung. Vitamin A atau kandungan betakaroten (yang mengarah ke vitamin A) dapat ditemukan dalam sayuran, buah-buahan, susu, telur, dan mentega.

2. Vitamin B2

Vitamin B2 atau riboflavin adalah vitamin yang penting untuk menghentikan jerawat. Ketika mendapatkan vitamin A dan B2, maka akan meningkatkan kesehatan rambut, kuku, serta kulit. Asupan 150-200 mg sehari masih aman untuk dikonsumsi. Makanan alami yang mengandung vitamin B2 adalah jamur, bayam, susu, dan kacang-kacangan.

Baca juga: Ini Posisi Berhubungan Seks untuk Mendapatkan Anak Laki-laki (1)

3. Vitamin B6

Vitamin ini dapat larut dalam air dan bagus untuk melawan jerawat. Yang perlu diperhatikan adalah dosisnya. Karena bila terlalu banyak mengonsumsi vitamin B6 akan berefek buruk bagi tubuh. Jika Anda ingin mengonsumsi vitamin ini dalam bentuk tablet, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter atau ahli. Vitamin B6 akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan bakteri kulit yang menyebabkan noda pada kulit. Makanan kaya vitamin B6 adalah beras, gandum, rempah-rempah, termasuk bawang putih.

4. Vitamin C

Ada banyak manfaat dari vitamin C, mulai dari perbaikan pertumbuhan jaringan, meningkatkan imunitas, menghindari infeksi, mencegah penumpukan lemak, dan melindungi kerusakan sel. Secara keseluruhan, ini juga membantu melawan jerawat. Antioksidan di dalam vitamin C membantu produksi kolagen dan membersihkan racun di dalam tubuh.

Baca juga: 6 Buah Untuk Mengecilkan Perut

5. Vitamin E

Vitamin E juga menjadi antioksidan yang kuat untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh. Kandungan vitamin E berperan sebagai antipenuaan dan dosis yang tepat akan mencegah jerawat. Beberapa makanan yang mengandung vitamin E yang dapat dikonsumsi adalah buah zaitun, kacang, sayuran, dan biji bunga matahari.