Find Us On Social Media :

Ingin Hilangkan Informasi Pribadi di Internet? Lakukan 3 Cara Ini

By Mentari Desiani Pramudita, Jumat, 25 November 2016 | 19:42 WIB

Ingin Hilangkan Informasi Pribadi di Internet? Lakukan 3 Cara Ini

Intisari-Online.com- Pernahkah Anda mencoba mengetik nama Anda di search engine Google? Jika pernah, maka pasti Anda menemukan beberapa informasi pribadi seperti email, nomor telepon, atau tanggal lahir.

Informasi-informasi tersebut di dapat karena Anda memiliki akun media sosial. Sayangnya, terkadang informasi itu sering disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Jika sudah jenuh dengan permasalahan dunia maya terkait informasi pribadimu, ada cara yang bisa menghilangkan jejak tersebut. Bagaimana caranya? Berikut tiga cara hilangkan informasi pribadi di internet

(Baca juga: Digaji Rendah, Para Pekerja Jepang Ini Rela Tinggal Di Warung Internet atau Warnet)

Hapus atau nonaktifkan akun media sosial

Anda mempunyai banyak akun media sosial? Atau sering belanja melalui situs online? Jika ya berarti Anda harus siap memberikan informasi pribadi kepada layanan tersebut. Termasuk alamat email, tanggal lahir, bahkan nomor telepon.

Jika tidak mau, hapuslah beberapa akun tersebut atau nonaktifkan. Jika masih ingin bermain di media sosial, jangan masukkan data pribadi jika diperbolehkan. Opsi-opsi seperti itu selalu ada di setiap pengaturan layanan media sosial atau situs online.

Menghapus hasil pencarian

Cara selanjutnya adalah mengajukan permintaan penghapusan hasil pencarian kepada Google selaku pemilik search engine. Masukan saja setiap URL hasil pencarianmu dan tunggu apakah Google bersedia mengabulkannya. Walau sepertinya agak susah, tidak ada salahnya menggunakan cara ini.

(Baca juga: Ingin Mempercepat Koneksi Internet di Smartphone Android? Lakukan 3 Hal Ini)

Menghapus akun Email

Di setiap email, ada opsi untuk menghapus akun email. Namun tidak bisa langsung terhapus. Dibutuhkan waktu beberapa hari. Tapi setiap email juga memberikan opsi mengaktifkan kembali akun Anda.

Anda harus diminta sabar dalam proses penghapusan data pribadi. Karena membutuhkan waktu agar tertutup secara permanen. Anda juga disarankan tidak lagi terlalu sering memberikan informasi pribadi di ranah dunia maya. Sebab, ada beberapa data yang tidak bisa terhapus di internet.