Find Us On Social Media :

Diisi Ulang Hanya dalam Hitungan Detik, Baterai Superkapasitor Mampu Tahan Hingga Berhari-hari

By Bramantyo Indirawan, Kamis, 24 November 2016 | 15:33 WIB

Dengan baterai superkapasitor, sekiranya telepon juga akan awet berhari-hari walalupun diisi ulang hitungan detik.

Intisari-Online.com – Sebuah teknologi baterai superkapasitor kini telah dikembangkan oleh para iluwan asal University of Central Florida (UCF) di Florida, Amerika Serikat. Dengan baterai ini, kita hanya perlu mengisi ulang hitungan detik tetapi bisa digunakan selama beberapa hari.

Apabila diaplikasikan ke telepon genggam maka mereka akan merevolusionerkan industri ini. Bagaimana tidak, baterai telepon menjadi sebuah permasalahan seperti cepat habis akibat penggunaan tinggi atau tidak memiliki waktu untuk mengisi ulang sehingga baterainya hanya sedikit.

Dengan baterai superkapasitor maka kita tidak perlu cemas karena baterai awet dapat dicapai tanpa harus lama-lama mengisi ulang. Konsep superkapasitor sendiri berfungsi layaknya baterai konvensional lain yang memuat energi listrik.

Tetapi apabila baterai biasa disalurkan ke sebuah cairan kimia, superkapasitor menggunakan dua buah pelat metal untuk menghasilkan energi listrik. Diciptakan dengan material yang bisa menyerap, listrik dapat tersimpan secara statis dan efisien.

Untuk sekarang superkapasitor masih di tahap awal perkembangan tetapi seakan telah memberikan harapan melalui potensi yang dapat dimanfaatkan. Apabila berhasil diciptakan maka tidak perlu repot-repot mengisi baterai dengan waktu lama, menenteng power bank, hingga cemas bahwa baterai akan habis.