Find Us On Social Media :

Inilah Tips Makan Cepat Tanpa Tersedak

By Agus Surono, Kamis, 24 November 2016 | 08:02 WIB

Makan cepat berisiko tersedak dan meninggal.

Intisari-Online.com - Seorang pria berkebangsaan Jepang meninggal dunia setelah tersedak bola nasi saat lomba makan-cepat.

Pria yang tak disebutkan namanya, merasa tak sadarkan diri saat lomba berlangsung di Hikone, prefektur Shiga, pada 13 November 2016 saat berusaha memakan lima bola onigiri dalam waktu tiga menit.

Ia meninggal di rumah sakit tiga hari kemudian tanpa pernah sadar kembali.

Lomba makan-cepat amat populer di Jepang.

Para ahli memperingatkan, selain tersedak, peserta lomba makan-cepat berisiko mengalami kerusakan perut atau kerongkongan mereka.

(Baca juga: Noelia Echhavaria,  Bocah 7 Tahun yang Alami Kematian Otak setelah Tersedak saat Makan Siang di Sekolah)

Kasus serupa pernah terjadi di Indonesia pada 11 Maret 2016 saat pria bernama Fredy Jayadi (45) mengikuti lomba makan-cepat di salah satu gerai restoran ayam goreng cepat saji di Taman Semanan Indah, Cengkareng, Jakarta Barat. Lomba tersebut menjanjikan hadiah uang tunai sebesar Rp5 miliar untuk peserta yang paling cepat menghabiskan 3 potong sayap ayam goreng dengan waktu 5 menit.

Saat melahap ayam terakhir, Fredy tiba-tiba tersedak dan matanya melotot seperti tak bisa bernapas. Korban spontan meminum air putih untuk menurunkan ayam goreng yang tersangkut di kerongkongan, namun hal tersebut tak membantu.

Meski kasus tersedak dalam lomba makan-cepat sering tejadi, namun lomba semacam ini terus saja berlangsung. Jepang dan Amerika Serikat termasuk negara yang rutiin mengadakan lomba makan cepat seperti ini.

Nah, jika ingin ikut tanpa harus mengalami sedakan, ikutilah kiat Takeru Kobayashi ini. Pria Jepang ini adalah pemegang tujuh rekor Guinness World Records untuk makan tercepat dan terbanyak, seperti rekor makan 11 hamburger dalam waktu tiga menit, dan enam hotdog dalam waktu tiga menit.

"Kalau makan tidak usah buru-buru, sesuai kecepatan makan masing-masing saja, takutnya bila terburu-buru nanti tersedak," kata Kobayashi seperti dikutip cnnindonesia.com.

(Baca juga: Begini Cara Menanggulangi Tersedak Jarum Pentul atau Duri Ikan)