Find Us On Social Media :

Inilah Pasir yang Menghisap 1000 Kapal

By Hery Prasetyo, Rabu, 23 November 2016 | 09:00 WIB

Wilayah Good Sands. Pasir di bawah pinggiran laut itu telah menelan 100 kapal.

Intisari-Online.com - Sejarak 6 mil dari pantai Deal, East Kent, Inggris, ratusan anjing laut bercanda di pantai. Di bawah permukaan laut menjadi ekosistem belut dan kepiting. Itulah daerah yang bernama Goodwin Sands yang membentang sekitar 10 mil, hamparan pasir yang telah menelan 1000 kapal.

Namun, hamparan pasir bawah laut itu dikhawatirkan akan hilang. Sebab, Dover Harbour Board ingin mengeruk 2,5 juta pasir di Goodwin Sands untuk memperluas pelabuhan.

Dataran pasir di Goodwin Sands termasuk paling berbahaya di Inggris, apalagi jika sedang terjadi badai. Banyak kapal yang terseret ke daerah itu dan kemudian karam, terkubur.

Pada 1703, terjadi badai besar yang kemudian disebut Great Storm di Inggris. Saat itu beberapa kapal tenggelam di wilayah itu dan lebih dari 1000 awak kapal meninggal dunia.

Banyak kapal yang kehilangan kendali saat badai dan bermasalah di daerah itu, kemudian karam dan tengglam terhisap pasir. Salah satu kapal yang hilang di wilayah itu adalah HMS Stirling Castle pada 1979.

Sejak 1980, wilayah itu dilindungi sebagai situs bersejarah didasarkan pada undang-undang 1973 tentang Protection of Wrecks Act. Penambangan atau aktivitas ekstream lainnya di daerah ini dibatasi untuk mencegah vandalisme dan operasi berlebihan.

Pada 24 Januari 1809, sebuah kapal besar milik East India Company yang berangkat dari London juga karam di daerah ini. Saat kapal melewati Kent, badai menghantam. Kapal berputar-putar di Goodwin Sands bersama dua kapal India lain. Ketiga kapal itu akhirnya karam dan ditelan pasir di bawah permukaan air laut.

Tiga kapal itu hanya bagian dari musibah kapal lainnya. Sepanjang sejarah, sudah lebih 1000 kapal yang karam di daerah itu dan akhirnya dihisap pasir. Bahkan, ada yang berpendapat sudah ada 2000 kapal di dalam Goodwin Sands.

Ketika pasir dikeruk pada 1979 untuk konstruksi Pelabuhan Dover, pekerja menemukan koin dari kapal East India Company. Beberapa tahun kemudian, sebuah ekspedisi menemukan lebih dari 1 juta koin.