Find Us On Social Media :

Piala AFF 2016: Ditahan Filipina 2-2, Peluang Indonesia Makin Sulit

By Hery Prasetyo, Selasa, 22 November 2016 | 21:00 WIB

Kiper Indonesia, Kurnia Meiga, harus bekerja keras mengamankan gawangnya dari serbuan pemain Filipina.

Intisari-Online.com - Indonesia membuang kesempatan menang saat melawan Filipina pada laga Grup A Piala AFF 2016 di Philippine Sports Stadium, Selasa (22/11/2016). Sempat unggul 2 kali, Indonesia akhirnya dipaksa bermain imbang 2-2. Peluang Indonesia di Piala AFF 2016 pun makin suliat.

 Indonesia harus bekerja keras ke semifinal karena hanya mampu mengoleksi 1 poin dari 2 laga. Di Laga terakhir, Indonesia harus menang lawan Singapura dan berharap Filipina kalah atau seri dari Thailand. Laga hidup dan mati melawan Singapura akan digelar pada Jumat (25/11/2016). Singapura juga mengoleksi 1 poin setelah imbang 0-0 lawan Filipina.

Pelatih timnas Indonesia, Alfred Riedl, hanya melakukan satu perubahan dalam laga ini. Dia memainkan Evan Dimas yang pada laga sebelumnya tak dimainkan.

Indonesia pun mampu melakukan star dengan baik dengan unggul terlebih dulu pada berkat gol bek Fachruddin Aryanto pada menit ke-7.

Dari tendangan bebas yang dieksekusi Stefano Lilipaly, Fachruddin melepaskan tandukan keras yang tak mampu dibendung kiper Roland Mueller.

Baca Juga: Hasil Peserta Piala AFF 2018: Indonesia Akan Lawan Thailand, Malaysia Pimpin Klasemen Grup A

Setelah itu, gawang Indonesia nyaris 2 kali kebobolan andai saja kiper Kurnia Meiga tidak melakukan penyelamatan gemilang.

Pada menit ke-12, misalnya, Stephan Shrock  melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Beruntung bagi Indonesia, Meiga dengan sigap menepis bola.

Tiga menit kemudian, Indonesia membalas ancaman tersebut melalui sepakan keras Boaz Solossa dari dalam kotak penalti. Akan tetapi, bola hasil tembakan Boaz masih bisa dibuang Jeffrey Christiaens yang berdiri tepat di bawah gawang Filipina.  

Pada menit ke-23, gawang Kurnia Meiga kembali terancam oleh tembakan keras Misagh Bahadoran. Namun, sepakan keras pemain bernomor punggung 9 tersebut masih melebar.

Meiga kembali dibuat jatuh-bangun menghadang tembakan Younghusband pada menit ke-28.  Namun, bola hasil tembakan Younghusband masih bisa ditepis Miega.

The Azkals akhirnya benar-benar mencetak gol balasan. Adalah Bahadoran yang menggetarkan jalan gawang Indonesia memanfaatkan tendangan bebas Stephan Schrock pada menit ke-31.