Find Us On Social Media :

Inilah Lima Hal yang Bisa Memicu Mata Kering Sepanjang Waktu

By Ilham Pradipta M., Selasa, 22 November 2016 | 08:00 WIB

Setidaknya ada lima faktor yang bisa membuat mata kering sepanjang waktu.

Intisari-Online.com – Ada banyak alasan yang dapat membuat mata kering sepanjang waktu. Mata kering mengakibatkan timbulnya rasa tidak nyaman, terasa panas, seperti berpasir, hingga tampak bengkak dan merah. Setidaknya ada lima Hal yang bisa memicu mata kering sepanjang waktu.

Lalu, faktor apa saja yang bisa mempengaruhinya? Berikut selengkapnya:

1.Bertambahnya usia 

Penuaan barang pasti memengaruhi semua bagian dari tubuh kita, tidak terkecuali mata. Bahkan, 30 persen orang berusia di atas 50 tahun memiliki sindrom mata kering. Ketika kita beranjak tua, kemampuan mata untuk menghasilkan air mata akan semakin menurun.

Menurut  Janet Cushing, OD, clinical optometrist dari University of Wisconsin School of Medicine & Public Health in Madison, bertambahnya usia dapat menyebabkan saluran air mata jadi bermasalah hingga timbulnya peradangan. Untungnya, mata kering akibat penuaan tidak berakibat fatal, meskipun dapat memengaruhi kualitas hidup kita. Bahkan, kondisi ini juga masih bisa disembuhkan kok.

2. Menopause dan hamil 

Di antara jutaan orang Amerika Serikat yang memiliki mata kering, mayoritas penderitanya dalah perempuan. Kok bisa? Selidik punya selidik, ternyata setelah menopause wanita tidak dapat memproduksi air mata dalam jumlah yang banyak.

Nah, berhati-hati bagi Anda yang masuk ke dalam tahap menopause lebih awal (di usia 40-an). Sebab faktor risiko kerusakan mata akan semakin besar, karena kondisi mata kering terjadi dalam jangka waktu yang lebih lama. Nah, mata kering juga bisa disebabkan kehamilan.

“Kehamilan, penggunaan kontrasepsi, dan terapi penggantian hormon , dapat menyebabkan mata kering,” jelas Cushing.

3. Penyakit autoimun

Mata kering juga berkaitan dengan beberapa gangguan autoimun, contohnya lupus, skleroderma, dan sindrom sjogren. Dalam sindrom sjogren, sistem kekebalan tubuh akan menyerang kelenjar yang membuat air mata dan saliva. Alhasil, bukan saja mata yang terasa kering, tapi juga mulut. Usut punya usut, penyakit autoimun bisa menyebabkan ketidakseimbangan pada tiga komponen atau lapisan air mata. Mulai dari minyak, air, dan lendir.

4. Lensa kontak