Find Us On Social Media :

Setelah Melarang Penggunaan Peralatan Plastik, Perancis akan Bebas Batu Bara per Tahun 2023

By Lila Nathania, Sabtu, 19 November 2016 | 13:30 WIB

Presiden Perancis

Intisari-Online.com – Perancis adalah salah satu negara yang memiliki komitmen tinggi untuk memerangi pemanasan global. Setelah melarang penggunaan peralatan plastik, Perancis akan bebas batu bara per tahun 2023.

Pada pertemuan tahunan yang digelar PBB untuk membahas perubahan iklim, presiden Perancis menyatakan komitmennya untuk bebas dari batu bara. Ia akan menonaktifkan semua pabrik yang masih menggunakan batu bara dan segera beralih ke energi terbarukan paling lambat tahun 2023.

Semua aksi ini dilakukan karena adanya harapan dunia untuk membuat bumi ini memiliki emisi karbon  netral mulai tahun 2050 mendatang. Kabar baik dari Perancis ini diharapkan bisa mendorong negara-negara lain untuk mengambil langkah serupa. Inggris sendiri juga sudah mengumumkan untuk menutup semua pabrik berbahan bakar batu bara per tahun 2025 dan Jerman juga memiliki komitmen untuk mereduksi emisi gas rumah kaca mereka hingga 95% pada tahun 2050.

Saat ini Perancis sendiri sudah menjadi salah satu negara paling maju dalam penghematan energi. Mereka memiliki pembangkit listrik tenaga nuklir yang sangat kuat. Sebanyak 75% energi yang digunakan oleh negara mereka berasal dari pembangkit listrik tenaga nuklir tersebut.

Melihat fakta bahwa saat ini energi terbarukan sudah semakin murah dan bisa dijangkau oleh berbagai golongan masyarakat, semoga saja negara-negara berkembang pun berani untuk mengambil langkah seperti Perancis.