Find Us On Social Media :

Meski Berumur Pendek, Penguin Kopi-Susu Ini adalah Pemimpin Koloninya

By Moh. Habib Asyhad, Sabtu, 19 November 2016 | 11:02 WIB

Penguin kopi-susu yang menjadi pemimpin koloninya

Intisari-Online.com - Kisah penguin kopi-susu yang menjadi pemimpin koloninya ini mengingatkan bahwa menjadi berbeda bukan berarti harus minder. Penyebutan kopi-susu ini didasarkan pada warna kulitnya yang putih kecoklatan yang berbeda dengan penguin-penguin lainnya.

Penguin berjenis Gentoo ini begitu berbeda dari koloninya yang lain. jika dilihat dari kejauhan, ia seperti nohtah putih di tengah-tengah warga hitam. Betina ini adalah penjaga sarangnya di Weddell Island, Kepulauan Falklands.

Baca juga: Penguin yang Sering Terlihat Lucu Ternyata Sering Melakukan Pemerkosaan Kelompok dan Aksi Seksual Menyimpang

Beberapa orang yang melihat menganggapnya sebagai penguin albino. Padahal jika diperhatikan lebih teliti, Gentoo satu ini memiliki kondisi yang disebut leucism. Jika pada albino pigmen melanin tidak dapat diproduksi di seluruh tubuh maka pada leucism adalah terjadinya pengurangan semua jenis pigmen kulit.

Kondisi leucism membuat betina Gentoo ini tampak seperti kopi susu. Kondisi ini hanya terjadi pada 1 dari 10 ribu Gentoo. Dalam jenis penguin lainnya kasusnya bahkan lebih jarang.

Berita sedihnya, penguin dengan kondisi seperti ini disebut memiliki umur yang lebih pendek. Lebih dari itu, karena warnya yang berbeda dengan penguin yang lain, ia lebih berisiko menjadi incaran predator.

Itu belum urusan mencari makan. Penguin tipe ini disebut kurang lihai mencari ikan di lautan, hal ini disebabkan kesulitannya menyamar di laut yang gelap. Terlepas dari itu, nyatanya ia adalah penjaga yang baik bagi koloninya.