Find Us On Social Media :

Rakuten, Sponsor Barcelona Musim 2017-2018 Menggeser Qatar Airways

By Agus Surono, Jumat, 18 November 2016 | 08:30 WIB

Rakuten menjadi sponsor Barcelona musim depan.

Intisari-Online.com - Mulai musim 2017-2018, Barcelona berganti kostum. Tidak lagi membawa nama Qatar Airways (meski tetap menjadi penerbangan resmi klub tersebut), namun Rakuten, Perusahaan online dari Jepang itu akan menjadi sponsor utama selama empat musim.

Kesepakatan antara Barcelona dengan perusahaan online dari Jepang itu dikemukakan oleh presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu seperti dikutip dari BBC. "Perjanjian ini menjadikan kita (Barcelona) sebagai yang terdepan dalam bidang sponsorship, seperti yang kita harapkan di direksi," ucap Josep Mario Bartomeu.

Rakuten, Inc. adalah sebuah perusahaan internet dan perdagangan elektronik Jepang yang berpusat di Tokyo, Jepang. Perusahaan ini didirikan oleh Hiroshi Mikitani pada bulan Februari 1997 sebagai MDM, Inc dan berperan sebagai CEO. Dalam bahasa Jepang rakuten berarti optimisme.

Kerja sama antara Barcelona dengan Rakuten sudah diperbincangkan sejak tahun 2015 pada sebuah makan malam di San Fransisco yang diselenggarakan Gerard Pique, bek Barcelona yang juga teman dari Hiroshi Mikitani.

Dari kerjasama ini, Barcelona akan mendapatkan £47 juta per tahun (sekitar Rp780 miliar) atau £188 juta (atau sekitar Rp3,1 triliun) selama empat tahun kontraknya bersama Barcelona.

Saat ini Rakuten sudah memiliki klub J-League,Vissel Kobe, dan klub baseball Tohoku Rakuten Golden Eagles.

Bagi masyarakat Indonesia, nama Rakuten pernah hadir dalam jagad e-dagang. Sayangnya, kiprah Rakuten di Indonesia tidak lama.

Mulai 1 Maret 2016 Rakuten Indonesia resmi ditutup.

"Dengan menyesal kami mengumumkan bahwa Rakuten Belanja Online tidak lagi tersedia bagi pelanggan untuk melakukan pembelian per 1 Maret 2016. Kami ingin mengucapkan terima kasih atas dukungan Anda selama ini dan kami sangat berharap Anda menikmati berbelanja di Rakuten Belanja Online," sebut pernyataan resmi Rakuten di situsnya.