Find Us On Social Media :

Profesi-profesi “Gila” dari Masa Lalu yang Sudah Punah

By Ade Sulaeman, Kamis, 17 November 2016 | 12:05 WIB

Profesi aneh: Pre-radar listener

Intisari-Online.com - Bayangkan jika kita bisa melakukan "perjalanan waktu" dan memberitahu seseorang dari masa lalu bahwa kita bekerja sebaga pakar media sosial atau pengembang aplikasi, dapat dipastikan mereka akan menggeleng-gelengkan kepala.

Hal serupa akan terjadi jika mereka yang berasal dari masa lalu menceritakan pekerjaan mereka yang saat ini sudah punah. Respons kita bisa terkejut, bisa juga menertawakannya.

Tidak percaya? Berikut ini daftar profesi-profesi “gila” dari masa lalu yang sudah punah:

Penyusun pin boling

Jika saat ini boling sudah menggunakan mekanisme otomatis dan canggih untuk mengumpulkan pin atau gada boling, di masa lalu, perlu sekumpulan anak kecil untuk mengumpulkan dan menyusunnya. Mereka dikenal dengan sebutan bowling pinsetter.

Manusia alarm

Namanya sudah jelas menggambarkan profesi dari pekerjaan ini. Pekerjaan yang mulai tergantikan oleh alarm pada jam hingga kini oleh ponsel ini bertugas mengetuk-ngetuk pintu atau jendela untuk memastikan klien mereka bangun tepat waktu. Alat yang mereka gunakan bisa berupa tongkat, kerikil atau cengkih.

Pemotong es

Pemotong es diminta untuk menciptakan efek pembekuan di lemari. Sebelum lemari es modern diciptakan, pemotong es mencari dan mengangkat es dari danau beku untuk orang yang ingin menggunakannya di ruang bawah tanah dan lemari es. Profesi ini jelas sangat berbahaya, selain dilakukan dalam kondisi lingkungan yang ekstrim, juga karena potensi untuk tenggelam di danau es yang sangat dingin.