Find Us On Social Media :

Cara Menyaring Tagar dan Notifikasi di Twitter, Fiturnya Segera Berfungsi

By Hery Prasetyo, Kamis, 17 November 2016 | 09:45 WIB

Sebentar lagi bakal muncul fitur cara menyaring hashtag dan notifikasi Twitter.

Intisari-Online.com - Untuk memuaskan pengguna, Twitter terus melakukan penyempurnaan layanan. Rencananya, pengelola akan memberi layanan cara menyaring tagar dan notifikasi di Twitter agar pengguna merasa lebih nyaman.

Telah lama Twitter menyediakan fitur Mute agar pengguna tak perlu melihat kicauan dari akun-akun tertentu, sekalipun akun yang di-follow. Ini merupakan salah satu upaya pencegahan cyber-bully di layanan mikroblog tersebut.

Fungsi fitur Mute itu bakal dikembangkan lebih jauh. Tak cuma kicauan orang tertentu, pengguna juga bisa menyaring kata, frasa, tanda pagar (tagar), hingga percakapan tertentu. Demikian dijelaskan di blog resmi Twitter.

Jika tak suka tagar tertentu karena kontennnya mayoritas negatif, cukup setel Mute, lalu kicauan yang mematrikan tagar itu bakal disaring dan tidak muncul di linimasa Anda. Intinya, elemen yang didiamkan tak harus merujuk pada akun.

"Penambahan fungsi Mute akan mereduksi pengalaman pengguna yang menerima penindasan di Twitter. Ini juga membantu memperkuat budaya saling mendukung di Twitter," begitu penjelasan di blog itu.

Hanya, Twitter belum menjelaskan kapan waktu pasti merilis upgrade dari fitur Mute tersebut. Twitter hanya mengatakan, versi upgrade itu bakal muncul dalam beberapa hari ke depan.

Selain fitur Mute, Twitter juga punya dua fitur lain yang bertujuan memangkas diskriminasi dan cyber-bully. Masing-masing adalah Notification Settings dan Quality Filter.

Notifications Setting memungkinkan pengguna untuk membatasi notifikasi yang masuk. Pengguna tak harus melihat semua mention yang ditujukan, melainkan hanya dari orang-orang yang di-follow.

Sementara itu, Quality Filter bakal menyaring notifikasi yang diterima berdasarkan parameter beragam, misalnya kredibilitas akun dan karakter kicauan akun itu.

Kicauan yang bersifat duplikat atau konten otomatis akan terhindar dari tab notifikasi pengguna. Jika kicauan yang ditujukan bersifat orisinil dan tak berkaitan dengan cemoohan, pengguna masih tetap bisa melihatnya meski tak mengikuti akun yang bersangkutan.