Find Us On Social Media :

Baby Boom, Pesawat Komersil Tercepat Di Dunia

By Mentari Desiani Pramudita, Rabu, 16 November 2016 | 17:42 WIB

Baby Boom, Pesawat Komersil Tercepat Di Dunia

Intisari-Online.com- Naik pesawat mungkin sudah pernah rasakan. Tapi bagaimana jika naik pesawat supersonic yang bisa mendarat dari London ke New York 'hanya' dalam waktu 3,5 jam?

Pesawat ini diberi nama ‘Baby Boom’. Ia adalah sebuah prototipe sub-skala pesawat penumpang supersonic yang futuristik. Dengan kecepatan 1.451 mph, pesawat ini diklaim sebagai pesawat komersil tercepat di dunia.

(Baca juga: Berukuran Satu Lapangan Sepak Bola, Airlander 10 Jadi Pesawat Komersil Terbesar di Dunia)

Secara resmi, pesawat Baby Boom dipublikasikan di Bandara Centennial di Denver, Amerika Serikat. Dan siap beroperasi pada tahun 2017. Bahkan beberapa maskapai di dunia sudah mengkonfirmasi membeli Baby Boom sampai 10 pesawat.

Baby Boom sendiri dibuat oleh pakar penerbangan yang pernah bekerja di NASA, SpaceX, dan Boeing. Desain pesawat ini sangat aerodinamis dengan mesin teknologi efisien. Sehingga 2,6 kali lebih cepat daripada pesawat jet. Lalu, pesawat ini bisa terbang di atas ketinggian 60.000 kaki dari atas permukaan air.

Baby Boom bisa dinaiki oleh 45 penumpang. Bagian dalamnya mirip dengan pesawat komersil lainnya. Perbedannya hanyalah pembagian kursi yang dibagi menjadi dua baris kursi tunggal. Setiap kursi memiliki jendela. Tidak ada pembagian kelas penumpang dalam pesawat ini. Semua kursi sama dengan standar domestik.

(Baca juga: Flying Eye Hospital, Pesawat Rumah Sakit Mata Pertama Di Dunia)

Jika ingin mencobanya, Baby Boom tersedia di 500 rute penerbangan di tahun 2017. Seperti dari San Fransisco ke Tokyo. Atau Los Angeles ke Sydney. Harga tiketnya 5.000 US Dollar (Rp 66,7 juta).

“Kami berharap pesawat ini mampu menjadi salah satu pesawat komersil masa depan untuk penerbangan jarak jauh,” ucap Blake Scholl, pendiri Baby Boom.