Find Us On Social Media :

Tips Mengelola Keuangan Ketika Menjadi Wirausaha

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 16 November 2016 | 17:24 WIB

Menjadi wirausaha jangan mengabaikan pengelolaan keuangan.

Intisari-Online.com – Berencana membangun bisnis rumahan alias berwirausaha? Jangan lupa membuat rencana pengelolaan yang baik. Rencana bisnis harus mendefinisikan  dan mengidentifikasi tujuanbisnis Anda. Jangan lupa untuk mengembangkan metode mengelola keuangan pribadi Anda yang baru. Statistik menunjukkan bahwa banyak bisnis rumahan sering gagal karena perencanaan keuangan yang buruk. Berikut ini beberapa tips untuk membantu membuat pekerjaan wirausaha untuk Anda.

Jangan meremehkan pengeluaran

Untungnya, lebih dari 40 persen semua bisnis rumahan membutuhkan kurang dari 65 juta untuk startup. Namun, ada banyak biaya lain yang terkait dengan menjalankan bisnis. Dalam rencana pengeluaran, jangan lupa biaya seperti anak, asuransi, ongkos kirm, gas, dan dry cleaning.

Mengelola pendapatan

Sebagian besar pekerja wiraswasta memiliki pendapatan sporadis. Jika penghasilan Anda bervariasi dari bulan ke bulan, tentukan pendapatan bulanan rata-rata. Kemudian, jika Anda memiliki satu bulan di mana Anda mendapatkan lebih banyak dari rata-rata, tempatkan jumlah ekstra ke dana tabungan untuk melengkapi bulan yang kurang menguntungkan.

Hindari mengandalkan kartu kredit

Meminjam dari kartu kredit dengan cepat dapat menyebabkan banyak masalah. Jika Anda perlu menggunakan kartu kredit untuk pengeluaran bisnis, bukalah rekening khusus untuk tujuan itu. Jika membutuhkan uang untuk memulai bisnis, pertimbangkan pinjaman usaha kecil sebagai gantinya.

Mengawasi pajak Anda

Beberapa wiraswasta mungkin harus membayar pajak wirausaha hingga 15 persen selain pajak penghasilan rutin mereka. Untuk menghindari kejutan waktu pajak, secara berkala tinjaulah pajak Anda sepanjang tahun. Jangan lupa untuk melakukan pembayaran pajak kuartalan yang diperlukan untuk menghindari pemotongan hukuman.

Menyimpan catatan yang akurat

Selesaikan semua dokumen Anda tepat waktu, terutama penagihan ke klien atau pelanggan. Banyak perusahana memakan waktu beberapa minggu untuk memproses faktur. Simpan salinan dari semua penerimaan untuk pajak. Karena jaringan sangat penting, simpan kartu nama dan informasi kontak dalam cara yang terorganisasi.

Mendapatkan bantuan

Pertimbangkan bekerja dengan seorang pengacara yang dapat membantu Anda pada saat diperlukan, yang kadang-kadang kompleks, mengenai masalah hukum. Anda juga harus menghubungi agen asuransi untuk memastikan  Anda memiliki cakupan yang sesuai.

Nah, itu tadi tips mengelola ketika Anda menjadi wirausaha.