Find Us On Social Media :

Misterius dan Indah, Inilah 5 Fenomena Mengagumkan yang Ditemukan di Bawah Air

By Mentari Desiani Pramudita, Rabu, 16 November 2016 | 12:32 WIB

Lion City, Danau Quindao, China.

Intisari-Online.com- Apakah Anda tahu tentang legenda pulau Atlantis? Nama pulau ini pertama kali disebut oleh Plato dalam bukunya yang berjudul Timaeus and Critias. Menurut Plato, pulau ini tenggelam ke dalam samudera. Walau seperti mitos karena sampai sekarang tidak ada yang tahu di mana letak pasti pulau ini, beberapa ahli percaya.

Kepercayaan itu dikarenakan di dunia ada beberapa kota yang berada di bawah air. Entah itu tidak sengaja ditemukan atau sengaja dibuat oleh kaum manusia. Terletak di bawah air, tentu ada sisi misterius yang menarik untuk dikupas. Berikut, lima fenomena mengagumkan yang ditemukan di bawah air.

(Baca juga: Venus Express Tangkap Fenomena Glory di Planet Venus)

Lion City, Danau Quindao, China

Dulunya, ini merupakan sebuah kota yang diberi nama Shincheng. Letaknya di kaki Gunung Wuhsi pada Dinasti Han. Luasnya sekitar 573 km2. Kota ini mencapai puncak kejayaan pada tahun 25 sampai 200 masehi. Namun pada tahun 1950-an, kota ini terendam air. Sebab digunakan untuk pembuatan stasiun pembangkit listrik tenaga air di Sungai Xin’an.

Otomatis kota yang dijuluki kota singa ini tenggelam. Mirip seperti sebuah danau yang akhirnya disebut Danau Quindao, di Chua’an County, Provinsi Zhejiang, China. Tapi sisa-sisa kejayaan kota ini masih terlihat jika kita mencoba menyelam untuk melihatnya.

Tidak heran, dalam sekejab kota bawah air buatan manusia ini menjadi obyek wisata yang menarik untuk didatangi. Bahkan, pada tahun 1990-an, beberapa perusahaan membuka perumahaan di sekitar danau.

bersambung ke halaman dua...